Sukses

Gigitan binatang pada anak

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 34 tahun.
selamat pagi dokter, saya punya anak usia 5 th dia mempunyai kulit sensitif setiap abis digigit nyamuk langsung timbul sejenis kutu air dan kemudian menimbulkan pembengkakan kita sudah coba ke dokter lalu sembuh kemudian klu nggak ditangani bisa kumat lagi, pertanyaannya apakah ada sejenis obat yang bisa menyembuhkannya supaya tidak timbul lagi untuk seterusnya. terima kasih( laki-laki, 34 thn,165 cm,172 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Gigitan binatang umum didapatkan pada anak-anak. Gigitan nyamuk, kutu, tungau dapat menyebabkan rasa gatal dan bengkak kemerahan. Apabila anak sensitif atau memiliki alergi terhadap gigitan binatang, dapat diwaspadai kemungkinan terjadinya syok anafilaktik.

Keluhan ibu mengenai timbul kembali adalah karena anak ibu digigit kembali oleh serangga-serangga tersebut. Yang diperlukan adalah menghilangkan atau menghindari faktor pencetusnya, yaitu gigitan binatang tersebut. Pencegahan adalah terapi paling tepat. Tidak ada obat yang dapat menghindari gigittan binatang ataupun mencegah pembengkakan setelah gigitan binatang untuk selamanya. Yang perlu dilakukan adalah menghindari gigitan binatang tersebut.

Anak ibu kemungkinan mengalami urtikaria yang dapat terjadi karena reaksi alergi terhadap gigitan tersebut. Urtikaria ini dapat muncul selama berhari-hari. Yang dapat ibu lakukan ketika melihat anak ibu digigit binatang adalah :

  • bersihkan atau sabuni daerah gigitan tersebut
  • kompres dengan es untuk mengontrol pembengkakan
  • berikan parasetamol untuk meredakan sakit
  • oleskan salep calamin untuk gatal (bila ringan), atau salep hirokortison bila sangat gatal 3x/hari
  • bila masih sangat gatal, dapat diberikan antihistamin oral
  • bila mengalami infeksi dapat diberikan salep antibiotik

Umumnya gigitan binatang akan gatal atau nyeri selama 1-2 hari namum bengkaknya dapat terjadi selama 1 minggu. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari gigitan binatang adalah :

  • memakai celana panjang dan baju lengan panjang
  • hindari bermain di luar ketika serangga mulai banyak beredar (umumnya saat pagi atau senja)
  • oleskan kulit anak dengan lotion anti nyamuk (berhati-hatilah dan baca aturan pakainya)

Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar