Sukses

Minum Obat Jerawat Saat Hamil

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 27 tahun.
sore Dok.saya kan adakan program hamil. saya memakai pi kbl jadi uda ngga minum 5 hari. saya juga perawatan dokter kulit (jerawat) sudah satu bulan. setelah bulan kedua saya balik ke dokter kulit lagi (konsultasi/perawatan) saya mo di beri obat minum lagi tapi saya ngomong kalo lagi program hamil. tapi kata dokternya saya harus minum klo ngga sembuhnya lama. tp klo lagi program hamil ngga boleh di minum tunggu klo datang bulan baru boleh diminum. yang mo ditanyakan saya uda datang bulan lebih cepat satu minggu dan selama 4 hari dan biasanya satu minggu lebih. dan saya sekarang uda konsumsi pil kb dan obat minum jerawat. apakah aman - aman aja dok. saya takut klo lagi hamil soalnya saya selama 5 hari tidak minum pil kb. saya tunggu jawabannya terima kasih. ( perempuan, 27 thn,156 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

(Baca: Cara Mengobati Jerawat)

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekosonsultasi klikdokter. Ijinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi data yang anda berikan agar tidak ada yang salah :

  • mohon diberikan keterangan ulang kapan anda minum obat jerawat dan pil KB tersebut? Yang saya tangkap anda minum obat jerawat dan pil KB tersebut pada saat anda pertama kali menstruasi, benarkah?
  • kapan anda menghentikan konsumsi pil KB tersebut? anda mengatakan anda sudah 5 hari tidak minum pil KB, nah, sejak kapan anda tidak minum pil tersebut, sesudah selesai menstruasi, ketika menstruasi, atau kapan?
  • obat apa yang diberikan oleh dokter kulit anda? apakah antibiotik atau isotretinoin, atau apa? tolong sebutkan nama obatnya (karena hal ini sangat penting) dan berapa lama anda diminta untuk mengonsumsinya?
  • apakah menstruasi anda teratur? bila teratur umumnya siklus berapa hari?

Akan lebih mudah bila anda menggunakan analogi tanggalan untuk menggambarkan kapan anda minum obat jerawat dan menghentikan pil KB. Contoh :

"Saya mulai menstruasi tanggal 5 januari 2009 dan selesai pada tanggal 12 jan 09. Pada tanggal 5 Jan 09 saya minum obat jerawat sampai dengan tanggal 12 jan 09, kemudian saya berhenti. Saya menghentikan pil KB pada tanggal 11 Jan 09 sampai dengan hari ini."

Dengan penanggalan saya akan lebih mengerti dan tidak akan mengambil asumsi yang salah terhadap keterangan yang anda berikan.

Obat apapun sebaiknya dihindari saat anda sedang melakukan program hamil. Silakan dilengkapi data yang saya tanyakan dan silakan berkonsultasi kembali. Sekian. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

(Baca: Cara Mengobati Jerawat)

0 Komentar

Belum ada komentar