Sukses

Sjogren's Syndrome & Hughes Syndrome

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 24 tahun.
mama saya di tes lab, lalu dari hasil lab kata dokter menderita penyakit : 1. sjorgen syndrome 2. anti phospolipid antibody syndrome (hughes syndrome) yg mau sy tanyain itu penyakit apa ya? ada obatnya tidak? bisa sembuh total ga? ada rekomendasi dokter yang bagus tidak? sekarang mama saya kalo berdiri atau jalan atau lututnya ketekuk merasa sakit/nyeri jadi skg mama saya pake kursi roda. umur mama saya 49. terimakasih.( perempuan, 24 thn,153 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang anda ajukan. Sjogren's Syndrome (SS) adalah penyakit autoimun yang berarti sel tubuh kita (sel darah putih) menyerang dan menghancurkan kelenjar yang memproduksi air mata dan saliva (ludah). SS juga berkaitan dengan gangguan rematik seperti Rematoid Artritis (radang sendi).

Gejala dari SS adalah mata kering yang menyebabkan mata kemerahan atau terasa perih, mulut dan tenggorokan kering yang menyebabkan sulit menelan dan mengunyah, pembesaran kelenjar parotis, kelelahan berlebihan, dan nyeri di otot serta sendi.

Penyebabnya tidak diketahui namun genetik, infeksi virus, dan hormon merupakan faktor risiko. Umumnya terjadi pada wanita yang berusia diatas 45 tahun. Tidak ada obat untuk menyembuhkan SS namun gejalanya dapat dikendalikan dengan menggunakan  NSAIDs (Non Steroid Anti Inflammatory Diseases), olahraga, banyak minum atau menggunakan pengganti saliva untuk mengatasi mulut kering, menggunakan airmata buatan untuk mengatasi mata kering, dan menggunakan pelembab untuk mengatasi kekeringan kulit. Untuk beberapa kasus dengan komplikasi, kortikosteroid dan obat imunosupresi dapat digunakan.

Anti phospolipid antibody syndrome atau dikenal dengan hughes syndrome adalah penyakit yang ditandai dengan sel imunitas tubuh kita (antibodi) berkaitan dengan pembentukan bekuan darah (trombosis arteri dan vena). Terdapat 2 klasifikasi dari sindroma ini yaitu primer dan sekunder. Primer berarti penyakit ini berdiri sendiri, dan sekunder yang berarti pasien memiliki penyakit penyerta seperti systemic lupus erythematosus (SLE).

Penyebab dari sindroma ini belum diketahui. Gejalanya tergantung dari organ apa yang terkena, diantaranya adalah Deep Vein Thrombosis, emboli paru, trombosis vena ginjal (hematuria-kencing berdarah), endokarditis (infeksi katup jantung), dll.

Karena gejala yang terjadi umumnya disebabkan karena sumbatan dari bekuan darah, maka terapi yang diberikan adalah pencegahan dari pembentukan bekuan darah dengan memberikan obat untuk mengencerkan darah (antikoagulan). Steroid juga dapat digunakan untuk menekan aktivitas imunitas tubuh dan peradangan pada pasien.

Kedua penyakit yang anda tanyakan adalah penyakit autoimun (dimana sel kekebalan tubuh menyerang sel tubuh yang lain) dan penyebabnya belum diketahui. Belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya namun gejala atau keluhannya dapat dikontrol dengan obat-obatan. Yang diperlukan adalah kontrol teratur ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis alergi imunologi klinik atau dokter spesialis penyakit dalam subspesialis rematologi (apabila penyakit dasarnya adalah Rematoid Artritis).

Anda dapat menggunakan fitur pencarian dokter yang terdapat di halaman depan website kami. untuk mencari dokter tersebut. Sekian, semoga uraian yang saya berikan di atas dapat membantu anda. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar