Sukses

Nyeri dada (3)

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pertanyaan ini menyambung nyeri dada yang saya alami, dan sampai saat ini masih saya rasakan (+- Mungkin lebih tepatnya bukan nyeri, karena rasanya sakit seperti tertekan sesuatu. Berdasarkan analisa klikdokter.com sebelumnya saya dimungkinkan menderita asma, alergi atau radang saluran napas. Tapi masalahnya, saya sudah menghindari pencetusnya (asap rokok), tapi masih terasa sakit. Lagipula, saya merasakan sakit bukan pada saat bernapas, tapi saat saya bergerak (bangun dan hendak tidur), mengangkat beban. ( perempuan, 24 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Nyeri dada yang anda alami alami disebut dengan Atypical Chest Pain karena lokasinya yang tidak khas, berdasarkan keterangan anda sebelumnya, yaitu di dada bagian kanan atas dan agak ke tengah. Beberapa data baru yang anda kemukakan seperti rasa sakit karena tertekan sesuatu serta nyeri tersebut terjadi saat beraktivitas atau mengangkat beban mengarah ke dalam keluhan penyakit jantung.

Hal ini dapat diperkuat apabila terdapat riwayat keluarga dengan penyakit jantung, anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, serta riwayat merokok atau pajanan rokok. Hal-hal yang saya sebutkan diatas merupakan faktor risiko penyakit jantung. Penyakit jantung pada usia muda umumnya adalah penyakit jantung bawaan atau Penyakit Jantung Rematik.

Namun sekali lagi saya tekankan bahwa analisa ini hanya berdasarkan keterangan yang anda berikan. Saya menyarankan agar anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar