Sukses

Anak yang mendengkur

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 6 tahun.
Anak saya 6 tahun dari usia 2 tahun ketika tidur nafasnya sering tersedak dan ketika dia dalam keadaan diampun nafasnya suka terdengar (Bukan berbunyi seperti asma). Dokter menyatakan penyebabnya adalah amandel. Pada umur 5 tahun amandelnya dioperasi berikut adenoidnya. Namun 2 bulan setelah itu anak saya tidurnya mendengkur dan kesulitan bernafas seperti hidungnya tersumbat. Hal ini menyebabkan anak saya tidak pernah tidur pulas. Dokter memberikan obat semprot hidung Nasonek, tapi tidak ada kemajuan. Dokter, tolong donk berikan solusinya dan kemana saya mesti membawa anak saya untuk mengatasi kesulitan bernafasnya ini.( perempuan, 6 thn,120 cm,20 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Berdasarkan The Journal Chest, penelitian tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan antara mendengkur dengan terbentuknya batuk di waktu malam serta diagnosis asma. Penyebab lain dari mendengkur adalah pembesaran tonsil dan adenoid, obstruksi atau sumbatan hidung, berat badan kurang, berat badan berlebih atau obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Terapi yang dilakukan adalah mengangkat tonsil dan adenoid (seperti yang anak ibu lakukan), mengobati alergi yang dimiliki anak, dan menurunkan berat badan bagi anak dengan obesitas. Terapi CPAP dengan masker hidung adalah terapi pilihan untuk mereka yang tetap mendengkur meskipun sudah melakukan tonsilektomi.

Ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT untuk mencari penyebab dari anak ibu yang mendengkur ini. Sekian, semoga membantu. (TRH).

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)


    0 Komentar

    Belum ada komentar