Sukses

Nyeri saat menstruasi

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dari pertama kali saya mendapat mens dulu sampai sekarang dok jika mendapat mesntruasi perut bagian bawah rasanya sakit luar biasa dok,dan saya selalu mengkonsumsi penghilang rasa sakit.Tapi sakit itu hanya berlangsung pada hari pertama dan kedua saja, setelah hari ke 3 dan selanjutnya sakit itu hilang.Perlu di ketahui saya belum menikah dok dan siklus menstruasi saya sll normal dan tidak pernah terlambat.Yang saya tnyakan apakah penyebab rasa sakit ini dok dan adakah obat khusus yang aman untuk menghilangkan nyeri haid dan apakah ada gangguan dengan rahim saya???.Terima kasih atas jawaban dokter....( perempuan, 28 thn,153 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Nyeri perut yang anda alami tersebut termasuk di dalam Sindroma Premenstruasi (PMS). Nyeri perut terjadi akibat rahim berkontraksi dan mengalami perdarahan akibat tidak terjadinya kehamilan (siklus menstruasi normal).

Penyebab lain dari nyeri saat menstruasi adalah endometriosis. Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma (yang berasal dari rahim) tumbuh di luar rahim (leher rahim, saluran tuba, dll). Endometrium ini ikut meluruh saat menstruasi dan menyebabkan nyeri perut. Nyeri pada endometriosis umumnya sangat berat sampai tidak dapat beraktivitas.

Tidak ada obat khusus untuk menghilangkan nyeri haid, cukup dengan pereda nyeri seperti parasetamol dan asam mefenamat disertai dengan perubahan gaya hidup. Olahraga juga dapat mengurangi rasa nyeri. Endometriosis dapat diketahui melalui pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Sindroma Premenstruasi serta penanganannya di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/127

Anda juga dapat membaca lebih lanjut mengenai endometriosis di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/123

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar