Sukses

Benjolan Lemak pada Kantung Kemaluan

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 35 tahun.
saya menderita penyakit kulit yang bernama Steatocystoma Multiplex, dan telah di operasi oleh dokter, tapi sekarang masih bisa kambuh lagi benjolan kecil di testis, tapi kadang bisa hilang sendirinya, yang ingin saya tanyakan adalah gimana cara pencegahan agar benjolan kantung testis tersebut tidak kambuh lagi, apakah bisa dari pemakaian sabun tertentu atau pantangan makanan tertentu atau bagaimana cara paling efektif untuk pencegahannya ? tq (laki-laki, 35 thn,168 cm,69 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sayangnya terapi Steatocystoma Multiplex memang hanya bersifat sementara. Benjolan tetap dapat muncul kembali. Satu-satunya terapi yang ada adalah terapi operatif yaitu dengan aspirasi atau eksisi. Aspirasi berarti mengeluarkan isi benjolan menggunakan jarum, dan biasanya lebih dipilih untuk menangani lesi pada wajah karena tidak akan meninggalkan bekas. Sedangkan eksisi merupakan metode operasi menggunakan pisau bedah kecil. Metode inilah yang digunakan oleh dokter untuk mengangkat benjolan pada kantung kemaluan Bapak. Sebetulnya ada satu cara lagi yaitu dengan menggunakan laser karbondioksida yang juga tidak meninggalkan bekas.

Obat-obat dapat digunakan tergantung indikasi. Antibiotik biasanya digunakan pada benjolan yang meradang. Terdapat kepustakaan yang menyebutkan bahwa obat oral isotretinoin dapat membantu memperkecil ukuran benjolan. Sebaiknya Bapak mendiskusikan kembali dengan dokter yang menangani Bapak, terapi yang cocok untuk Bapak. Coba tanyakan kemungkinan penggunaan isotretinoin pada kasus Bapak. Sementara beberapa hal yang perlu Bapak perhatikan adalah:

1. Jangan memencet, menggaruk, atau menusuk benjolan itu sendiri.

2. Pertahankan daerah benjolan dalam keadaan bersih dengan menggunkan sabun antibakteri. Hal ini untuk menecegah benjolan menjadi meradang.

3. Kompres benjolan dengan kain hangat basah selama 20-30 menit, 3 - 4x sehari.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar