Sukses

Anak menggosok-gosok matanya: Gejala cacingan?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 1 tahun.
Dear Dok, Saya punya batita perempuan, usianya 1 tahun, tinggi badan kurang lebih 70Cm, berat badan kurang lebih 11Kg. Akhir-akhir ini saya perhatikan dia sering banget ngucek-ngucek matanya. Saya sudah larang dia, tapi kadang dia lakukan lagi. Apakah itu salah satu indikasi anak cacingan? dan kalau benar cacingan, obat apa yang bisa saya berikan ya? Saya sangat protektif ke anak saya untuk masalah kebersihannya. Imunisasi dasar nya lengkap. Kira-kira kenapa ya anak saya sering ngucek-ngucek matanya seperti itu? Mohon jawabannya ya dok. Trims.( perempuan, 1 thn,70 cm,11 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Dilihat dari berat dan tinggi badannya, anak ibu sehat sekali, jadi tidak perlu kuatir tentang kemungkinan cacingan. Menggosok-gosok mata juga dapat berarti bayi mengantuk dan siap untuk tidur. Jadi, biarkan saja ia menggosok matanya, yang perlu diperhatikan hanyalah kebersihan tangannya.

Namun, sebaiknya Ibu juga memperhatikan apakah ada tanda-tanda merah, berair, atau belekan pada mata anak Ibu. Pada keadaan seperti itu, mungkin mata terserang virus atau bakteri. Kemungkinan lain adalah mata mengalami reaksi alergi.Jika ada tanda-tanda tersebut, sebaiknya Ibu membawa anak Ibu ke dokter untuk diperiksa dan ditatalaksana lebih lanjut.

Demikian penjelas yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu. (PNA)

Terimakasih.

    0 Komentar

    Belum ada komentar