Sukses

Striae Gravidarum

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 21 tahun.
dokter mau tanya saat ini saya hamil 6 bulan, dibagian belakang lutut kaki, payudara dan bagian pantat kok muncul garis garis merah ya dok, dulu waktu hamil 4 bulan merahnya merah biasa tapi semakin kesini semakin gelap.. apa bedanya antar garis garis merah itu dengan varises? mohon penjelasannya( perempuan, 21 thn,160 cm,61 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Garis-garis merah yang muncul di kulit tubuh ibu memang biasa muncul pada wanita hamil. Garis-garis merah  seperti pita yang agak mencekung itu disebut juga striae gravidarum atau stretch mark, biasanya muncul setelah kehamilan minggu ke-24 atau 25, terutama pada daerah perut, bokong, pinggul, dan paha. Setelah melahirkan, lama-kelamaan warnanya akan pudar, kembali ke warna kulit atau sedikit putih.

Munculnya garis-garis ini dipengaruhi keadaan kulit yang teregang seiring dengan peningkatan berat badan serta peningkatan hormon tertentu selama kehamilan. Sebetulnya tidak semua ibu hamil mengalami hal ini. Kemungkinan munculnya stretch mark ini lebih besar jika ibu atau nenek Ibu dulu juga mengalami hal ini, karena adanya sifat genetik atau diturunkan. Setelah melahirkan, dapat diberikan krim tretinoin untuk membantu menghilangkan stretch mark ini.

Varises adalah pembuluh darah vena di bawah kulit yang mengalami peregangan karena dindingnya yang menghalus serta volume darah yang meningkat. Peningkatan berat rahim mengakibatkan adanya peningkatan tekanan pada vena sehingga memperlambat aliran darah vena tersebut. Pada beberapa ibu hamil varises dapat terlihat sebagai titik-titik biru atau ungu atau tampak pembuluh darah yang menonjol. Varises biasanya muncul pada akhir trimester kedua, dan umumnya ditemukan pada tungkai. Kadang dapat ditemukan juga varises pada vagina atau vulva.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu, (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    1 Komentar

    • Faizal

      Dok, bagaimana dengan remaja laki2 yang terkena Striae Gravidarum atau stretch mark (muncul pada bagian paha dan betis). Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Terima Kasih