Sukses

Hipospadia harus disunat?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 0 tahun.
Anak saya lahir prematur (usia kandungan 35 bulan), dari lahir sampai sekarang usia 5 bulan penisnya bengkok ke sebelah kanan, dan lubang air kencingnya kecil diujung, apakah anak saya termasuk menderita hipospadia ? setelah konsultasi ke dokter anak saya disarankan untuk segera disunat, karena bisa berbahaya bisa menyebabkan kelainan gagal ginjal kalau tidak segera disunat, tapi saya kasihan karena masih usia 5 bulan, apa benar anak saya harus segera disunat, terima kasih (Perempuan, 38 thn, 157 cm, 63 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya mengerti betapa hal ini sangat mengejutkan dan membuat anda khawatir. Namun perlu dikonfirmasi kembali mengenai kebenaran diagnosisnya:
  1. Apakah kulit luar penis anak anda dapat ditarik ke belakang?
  2. Mengenai lubang penis yang anda katakan, apakah diketahui setelah menarik kulit luar penis anak anda? (terlihat pada kepala penisnya)
  3. Apakah setiap berkemih anak anda tampak mengedan?
  4. Apakah setiap berkemih kulit luar penis anak anda tampak menggembung terlebih dahulu sebelum akhirnya keluar air kemih? dsb
Hipospadia berbeda dari fimosis. Dikatakan hipospadia adalah apabila lubang penis terletak di bawah letak normal. Sedangkan fimosis adalah suatu keadaan dimana kulit luar penis (prepusium) tidak dapat ditarik ke belakang.

Kulit luar penis dalam bahasa medis disebut prepusium, merupakan bagian penis yang dipotong saat khitan/sunat. Diagnosis hipospadia ataukah fimosis harus dipastikan terlebih dahulu sebelum akhirnya diputuskan untuk melakukan khitan/sunat oleh karena penanganannya yang sangat bertentangan. Tindakan khitan/sunat sangat dianjurkan untuk mengatasi fimosis, namun tidak pada hipospadia. Kulit luar penis (prepusium) justru diperlukan untuk memperbaiki letak lubang penis anak anda.

Saran saya sebaiknya anda segera membawa anak anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk memastikannya.

Lebih lanjut mengenai hipospadia dapat anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/73

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar