Sukses

Gangguan Buang Air Besar

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 31 tahun.
langsung saja, selama ini BAB saya tidak lancar. bahkan kadang sampai 4 hari tidak BAB. dan sekarang setiap BAB hampir (maaf) mencret trus..kenapa ya dok? apa makanan saya kurang serat? makanan/buah-buahan apa yang harus banyak saya konsumsi?( laki-laki, 31 thn,166 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter. Sebetulnya frekuensi BAB tiap orang bervariasi – dari 3x per hari sampai 3x seminggu. Apa yang normal untuk satu orang mungkin tidak normal untuk orang lain. Untuk meningkatkan frekuensi BAB, sebaiknya Bapak banyak minum dan makan makanan berserat seperti sayuran dan buah. Namun, ternyata Bapak juga mengeluhkan BAB mencret. Karena itu, untuk menjawab pertanyaan Bapak, diperlukan beberapa informasi tambahan:

  1. Bagaimana pola makan Bapak?
  2. Bagaimana konsistensi BAB? Lembek atau cair? Jika cair, lebih banyak ampas atau cairan?
  3. Apakah ada lendir ataupun darah?
  4. Sudah berapa lama pola BAB seperti ini? Apakah pernah sebelumnya berbeda?
  5. Apakah ada gejala lain saluran pencernaan lain, seperti kembung, nyeri pada perut?
  6. Apakah ada demam?
  7. Apakah ada penurunan berat badan?


Diare dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, umumnya karena infeksi. Namun, obstruksi atau hambatan parsial pada saluran cerna kadang juga dapat menyebabkan diare. Ada baiknya memeriksakan tinja Bapak ke laboratorium, dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui lebih jelas penyebab diare, apakah ada bakteri penyebab infeksi.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu Bapak. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar