Sukses

Gigi bungsu tumbuh ?

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Pria, 29 tahun.
Sore dok, Saya mau tanya, di usia yang hampir 29 tahun, gigi geraham belakang atau disebut bungsu saya tumbuh, dan menimbulkan sakit luar biasa sekitar 2 minggu hingga tidak bisa tidur dan harus minum obat penghilang sakit. Lalu tumbuhnya gigi bungsu itu miring, sehingga menekan gigi geraham di depannya. adapun gigi yang tumbh itu gigi geraham bungsu yang bawah. Setelah cek ke puskesmas itu mesti dicabut dan operasi, dikatakan kelainan gigi karena kemungkinan akan tumbuh lagi. Saya mau tanya kira2 sampe umur berapa gigi geraham itu tumbuhh lagi yang terakhir? Bukankah usia sudah cukup tua untuk tumbuh lagi gigi berikutnya. Lalu gimana saran dokter untuk selanjutnya, mengingat sudah tidak sakit lagi. Sekian dan trims. ( laki-laki, 29 thn,163 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Gigi Molar (geraham) manusia ada 3 di masing-masing rahang, dan geraham ketiga yang letaknya di ujung rahang itu memang lazimnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun ke atas, maka itu sering disebut "wisdom tooth" atau gigi geraham bungsu. Karena tumbuhnya paling akhir di saat gigi lain sudah tumbuh, maka biasanya gigi tersebut tidak ada tempat untuk keluar ke rongga mulut dengan posisi normal seperti gigi lain.

Sangat banyak kasus-kasus gigi molar 3 tumbuh miring atau terhalang tulang (impaksi) dan pada sebagian besar menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Ada juga yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Pada kasus Anda, saya sangat menyarankan gigi tersebut segera dioperasi. Saya pribadi mengalami hal yang sama, di mana keempat gigi molar 3 saya tumbuh impaksi. Rasa sakit mungkin sekarang sudah tidak ada, namun tidak menutup kemungkinan di masa depan dapat timbul rasa sakit lagi bahkan mungkin lebih berat. Saya menganjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan drg spesialis bedah mulut untuk dilakukan odontektomi (operasi minor untuk pengambilan gigi molar 3 yang impaksi), setelah dilakukan pemeriksaan yang diperlukan. Demikian penjelasan saya, terima kasih telah memanfaatkan layanan konsultasi klikdokter.

Terima Kasih

(Drg. Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar