Sukses

Penyakit ganas di otak

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 0 tahun.
Bagamana mengetahui bahwa diotak kita terdapat penyakit ganas yg terkadang dapat vonis didalam hidup yg tinggal ditentukan oleh waktu dan dapat dikatakan hanya kepasrahan yng dapat diterima, apakah masih ada yg dapat menyembuhkan atau hanya menambah nervous in mylife, mohon saran dan petunjuk yg harus saya lakukan, dan terima kasih atas perhatiannya (Pria, 27 thn, 176 cm, 73 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya dapat memahami perasaan anda saat ini.

Keganasan pada otak umumnya ditegakkan setelah ditemukan gejala klinis dan hasil pemeriksaan penunjang yang mendukung (dengan CT-scan atau MRI). Umumnya penderita mengeluh sakit kepala hebat dan muntah. Bila sudah menyebar dapat ditemukan keluhan lain sesuai organ yang terkena, seperti sesak (saluran napas dan paru) dan gangguan penglihatan (mata). Melalui pemeriksaan CT-scan atau MRI dapat ditemukan massa dalam rongga kepala tempat otak berada, atau organ lain yang terkena.

Kemungkinan sembuh ditentukan berdasarkan stadium keganasannya. Semakin besar tumor, semakin banyak kelenjar getah bening dan organ lain yang terlibat, angka kesembuhan semakin kecil. Pada stadium lanjut, terapi yang dilakukan umumnya hanya bersifat paliatif (meningkatkan kualitas hidup).

Namun perlu diingat bahwa:
"apapun yang dikatakan secara medis, tetap Tuhan yang menentukan"

Dokter hanyalah alat Tuhan untuk memperjuangkan hidup seseorang. Pada akhirnya tetap dibutuhkan campur tangan Tuhan dalam penyelesaiannya. Makna kata "pasrah" disini bukan berarti tidak berusaha. Tetaplah berusaha sambil berdoa kepada Tuhan. Manfaatkan hari-hari anda sebaik-baiknya. Semoga apapun yang terjadi adalah yang terbaik untuk anda dan keluarga.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar