Sukses

Tidak haid saat menyusui

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 29 tahun.
Saya sedang menyusui bayi hampir 8 bulan, setelah 40 hari saya mencoba KB suntik 1 bulan lalu saya menstruasi. Setelah 1 bulan berlalu KB nya tidak saya teruskan jadi sampai sekarang saya tidak KB berhubungan normal menggunakan pengaman kondom karena takut hamil mengingat anak saya masih bayi. Kenapa sampai sekarang saya tidak mendapat menstruasi dan kepala saya sering sakit ?( perempuan, 29 thn,158 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Selama menyusui, penghisapan air susu oleh bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipotalamus mengeluarkan Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat ovulasi (pematangan dan pengeluaran sel telur). Hal ini menyebabkan seorang wanita yang menyusui tidak mendapatkan menstruasi.

Menstruasi yang ibu dapatkan setelah menggunakan KB suntik disebabkan oleh hormonal yang terdapat di dalam preparat KB suntik tersebut. Setelah ibu tidak menggunakan KB suntik dan ibu menyusui kembali maka perubahan hormonal yang menekan ovulasi tersebut terjadi kembali. Hal ini merupakan salah satu metode untuk kontrasepsi.

Namun memang kehamilan dapat terjadi pada 2 per 100 wanita pada 6 bulan setelah melahirkan, 6 per 100 wanita setelah 6-12 bulan setelah melahirkan. Metode ini kurang efektif sebagai metode kontrasepsi. Siklus menstruasi akan kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan atau setelah anda tidak menyusui kembali.

Untuk keluhan kepala anda, apa yang anda maksud dengan kepala sering sakit? apakah sakit kepala atau pusing atau bagaimana? anda perlu melengkapi lebih lanjut lagi mengenai keluhan ini, kapan mulai terjadinya, lokasi nyerinya, jenis nyerinya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan rasa sakit ini untuk memandu kami guna mengetahui apa yang terjadi pada anda. Anda dapat membaca lebih lanjut artikel kami mengenai macam-macam sakit kepala di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/57

Sekian, semoga membantu.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar