Sukses

Ruam di selangkangan

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 32 tahun.
Yth, Diselangkangan saya terdapat ruam, cukup mengganggu, gatal dan kadang - kadang sakit (apalagi kalau habis berbasuh). Saya tidak keputihan, penyakit apa yang saya derita dan bagaimana pengobatannya. Terima kasih.( perempuan, 32 thn,153 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Ruam yang terdapat di sekitar selangkangan kemungkinan disebabkan oleh 2 hal, yaitu dermatitis intertriginosa dan jamur atau kandidosis. Dermatitis intertriginosa adalah peradangan pada kulit di daerah inguinal. Sedangkan kandidosis adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh jamur.

Kedua jenis penyakit  kulit ini umumnya dicetuskan oleh daerah kemaluan dan sekitarnya (selangkangan) yang kurang terjaga kebersihannya. Dalam artian daerah tersebut lembab atau memakai pakaian dalam dengan bahan yang tidak menyerap keringat. Yang dapat anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dengan membasuh kemaluan dan sekitarnya dengan handuk setelah BAB maupun BAK, mengganti pakaian dalam lebih sering (terutama bila berkeringat), tidak memakai pakaian dalam ketat atau berbahan nilon, dan jangan memakai celana ketat atau berbahan kulit terlalu sering.

Pengobatan untuk ruam tersebut akan tergantung dari penyebabnya. Dermatitis diobati dengan salep steroid dan kandidosis diobati dengan salep anti jamur. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar