Sukses

Benjolan di mata anak

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 2 tahun.
Selamat Siang Dok, saya ibu dari seorang putri berusia 20 bulan yang saat ini mengalami sakit dibagian mata kirinya, ada benjolan yang mungkin seperti bintitan,sudah lebih dari 3 bulan lamanya. saya pernah berkonsultasi dengan 2 org dokter spesialis mata dan satu orang dokter anak. dokter mata yang satu bilang ada nanah didalam kelopak mata kiri bagian atas, yang harus dioperasi untuk mengeluarkannya, tp berhubung masih kecil diberilah salep Garamycin dan obat antibiotik syrup, setelah itu saya konsul ke DSA, yang megatakan kalo ini akibat alergi bisa jd dari telur ataupun kacang-kacangan dan ikan, sehingga saya harus menghindaripemberian makanan jenis ini, sementara di Dokter mata yang lain mengatakan bahwa tidak ada hubungannya dengan alergi apapun, dan tidak ada nanah, ada kotoran seperti nasi yang menurutnya memang harus dioperasi, dan saya diberi obat antibiotik syrup (saya lupa namanya) dan salep mata gentamycin. Tp dok, saya sungguh khawatir dengan anak saya yang memang masih teramat kecil, belum genap 2 tahun, jika harus dioperasi bag. matanya. bagiamana ini dok??... mohon jawabannya segera.. terima kasih atas perhatian dan jawabannya yang sangat membantu.( perempuan, 2 thn,80 cm,12 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Benjolan pada mata (saya asumsikan di bagian kelopak mata karena ibu bilang menyerupai bintitan) memang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Ketiga diagnosis yang dokter anda sebutkan yaitu infeksi yang menghasilkan nanah, alergi, dan kotoran seperti nasi memang merupakan beberapa penyebab benjolan di kelopak mata.

Hal ini membutuhkan beberapa data tambahan dan pemeriksaan fisik. Data tambahan yang kami butuhkan diantaranya adalah :

  • apakah anak anda memiliki riwayat alergi?
  • apakah keluhan tersebut terjadi setelah anak anda mengonsumsi makanan yang baru?
  • apakah di keluarga terdapat riwayat alergi?
  • apakah anak anda mengeluh rasa sakit pada benjolan, mata berair, ada sesuatu di matanya, dan nyeri bila ditekan?
  • apakah benjolan tersebut sewarna dengan kulit?
  • apakah di bagian tengah benjolan terdapat lekukan kecil yang berisi bahan seperti nasi dan berwarna putih?

Untuk mempertegas diagnosis memang sebaiknya benjolan ini dilihat dan diperiksa secara langsung. Seandainya memang harus dioperasi pun ini merupakan operasi kecil yang dilakukan untuk mengangkat benjolan. Namun apabila dapat dihilangkan dengan obat-obatan maka operasi tidak akan dilakukan. Umumnya benjolan ini akan hilang sendiri seiring dengan kekebalan tubuh yang ditingkatkan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar