Sukses

Kutil di seluruh tubuh

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 29 tahun.
dokter, saya memiliki pembantu (perempuan, masih single, usia masih dibawah 30 thn) yang selalu memakai baju tangan panjang dan rok/celana panjang.setelah beberapa bulan baru kita ketahui ternyata dia untuk menutupi kutil yang ada di seluruh tangan dan kakinya, saya tidak tahu apakah itu juga ada di seluruh tubuhnya karena ia tidak mau berterus terang. yang mau saya tanyakan. apakah orang yang memiliki kutil begitu banyak (mungkin di seluruh tubuh) itu dapat di sembuhkan. saya pertahankan orang itu untuk bekerja krn kami sudah cocok. kalau bisa di sembukan akan memakan waktu berapa lama.sebetulnya apa sih yang menyebabkan seseorang jadi memiliki penyakit kulit yang seperti kutil yang begitu banyak hingga di seluruh tubuh.apakah penyakit ini dapat menular ke orang lain,karena dia tidak hanya sebagai pembantu tetapi jg mengasuh anak saya yang baru berusia 1,1 tahun..terima kasih banyak atas informasinya( perempuan, 29 thn,155 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Kutil atau dalam dunia medis dikenal dengan veruka vulgaris / veruka plana adalah jenis tumor kecil yang disebabkan oleh infeksi virus, terutama Human Papillomavirus (HPV). Veruka dapat tumbuh di tangan dan lutut (veruka vulgaris) atau di seluruh tubuh dalam jumlah banyak (veruka plana).

Veruka dapat menular dengan cara kontak langsung kulit dengan pasien atau melalui baju / handuk yang dipakai oleh orang yang memiliki veruka. Jadi apabila anak anda berkontak kulit langsung atau dengan handuk yang digunakan oleh pengasuhnya, maka ada kemungkinan anak anda tertular.  Perlukaan di tubuh anak juga dapat meningkatkan risiko terkena veruka tersebut. Namun tidak selalu orang yang berkontak langsung dapat tertular, tergantung dari daya tahan tubuh anak tersebut.

Veruka dapat sembuh sendiri dalm waktu 6 bulan sampai 2 tahun namun dapat kembali kambuh di kemudian hari. Preparat yang dapat digunakan untuk mengobati veruka diantaranya adalah podofilin, agen keratolitik seperti asam salisilat, atau terapi lain seperti laser dan cryosurgery (bedah beku).

Mencegah veruka kembali dapat dilakukan dengan meningkatkan ketahanan tubuh dan rajin menjaga kebersihan tubuh. Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mempercepat penyembuhan kutil tersebut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar