Sukses

Gigi nyeri saat mengunyah

20 Oct 2014, 10:22 WIB
Wanita, 0 tahun.
Belakangan ini saya sering merasakan nyeri di bagian gig tersebu, terlebih kalau mengunyah makanan yg bertekstur keras (mis. daging atau ayam), saya belum sempat memeriksakan lagi ke dokter gigi, apakah itu hanya termasuk gigi sensitif, atau mungkin ada gigi saya yang berlubang? napas mulut saya sangat tidak enak, apa itu pengaruh dari kondisi gigi saya tersebut, saya selalu menyikat lidah saya dengan penyikat lidah, tapi tidak banyak membantu, bagaimana agar napas mulut saya bisa segar dan wangi ? sekian terima kasih. (perempuan, 21 thn, 148 cm, 40 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Bila keluhannya adalah gigi terasa nyeri saat mengunyah makanan keras, ada beberapa kemungkinan.

Pertama, memang ada karies pada permukaan kunyah gigi tersebut dan bila makanan masuk dan tersangkut dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, peradangan pada jaringan periodontal (jaringan pendukung gigi) juga dapat menimbulkan nyeri. Peradangan ini bisa terjadi akibat akumulasi karang gigi atau karena adanya karies yang sudah menjalar ke akar dan jaringan periodontal.

Kemungkinan lainnya adalah karena adanya gigi yang tidak berkontak dengan baik dengan gigi sebelahnya, atau tonjol gigi lawan yang jatuh tepat di tengah antara dua gigi, sehingga saat mengunyah ada makanan yang mendesak masuk di antara dua gigi dan mendesak gusi. Jadi rasa sakit sebenarnya karena gusi yang terdesak makanan yang terjebak dan hanya bisa dikeluarkan dengan bantuan dental floss. Adanya makanan yang terjebak di antara dua gigi ini juga dapat menyebabkan bau mulut.

Namun untuk memastikan memang harus dilihat secara langsung, jadi saya sarankan Anda konsultasi langsung ke dokter gigi.

Penyikatan lidah sebenarnya cukup efektif untuk membantu mengurangi bau mulut. Tapi kalau bau mulut masih terasa berarti memang ada faktor lain yang menyebabkannya.

Masalah gigi sensitif, biasanya timbul keluhan jika minum / makanan dingin atau asam, atau saat kumur-kumur. Bukan pada saat makan makanan keras. Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

Terima kasih.


(Drg.Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar