Sukses

Blefaritis

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter Yth, Beberapa bulan yang lalu saya mempunyai keluhan yaitu gatal di daerah kelopak mata saya. Gejala gatal tersebut timbul biasanya timbul setelah saya pulang dari kantor atau setelah melakuka perjalanan jauh/ke luar kota. Mungkin kedengarannya sepele ya dok, tapi ini sangat mengganggu saya. Saya periksa ke dokter spesialis mata dan beliau mengatakan bahwa mata saya mengalami belfatritis yang disebabkan karena alergi terhadap panas atau suhu tinggi. Memang sih keluhan mata ini saya alami setelah saya bekerja di karawang Jawa Barat yang memang luar biasa panas. Sebelumnya ketika saya kuliah di Bogor, keluhan tersebut tidak saya rasakan. oh ya saya dikasih resep obat "Cendo Xytrol" tetes mata dan salep. Memang gatalnya agak berkurang, dalam arti tidak sesering dulu tapi masih kadang-kadang muncul. Oh ya saya rambut saya juga tidak berketombe dok (saya membaca info di klikdokter.com katanya bisa disebabkan karena jamur akibat kepala berketombe). Bagaimana saran dokter terhadap keluhan saya ini?adakah terapi secara tradisional/non obat kimia untuk mengatasi keluhan ini (saya ada perasaan takut jika terlalu sering memberi tetes mata)?kalau persediaan obat habis apa saya perlu ke dokter lagi untuk meminta resepnya?jika saya sering mengucek mata apa ada akibat terhadap kondisi mata saya (saya minus 1 untuk mata kiri dan 0.5 untuk mata kanan)? Terima kasih Salam N. Raihana ( perempuan, 26 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan kepada klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda terhadap kondisi mata anda saat ini.

Berdasarkan cerita anda, saya menduga anda memang menderita blefaritis yang timbul akibat alergi. Terdapat beberapa jenis alergen (faktor pencetus reaksi alergi) yang dapat menyebabkan antara lain adalah suhu tinggi, debu, zat kimia (polutan), rumput, tungau, kecoa, hingga kutu / ketombe pada binatang peliharaan.

Saya tidak menyarankan penggunaan obat tradisional untuk mengatasi keadaan ini, mengingat belum ada penelitian yang membuktikan keamanan dan keefektifannya pada blefaritis.

Obat yang diberikan oleh dokter spesialis mata anda mengandung antiradang dan antibiotik. Obat ini hanya membantu mengobati keluhannya. Selama keluhan masih ada, obat tersebut sebaiknya tetap digunakan (kecuali bila timbul nanah). Bila keluhan telah hilang, pengobatan dihentikan.

Anda tidak perlu khawatir terhadap efek samping obat tetes mata tersebut oleh karena penggunaannya dibatasi hanya pada saat keluhan timbul. Yang tidak kalah penting adalah menghindari faktor pencetus blefaritis itu sendiri. Mengingat keluhan ini masih terkadang anda rasakan, berarti anda masih terpajan oleh salah satu dari faktor-faktor pencetus alerginya. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikannya dan akan lebih baik bila anda menjalani tes alergi untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menimbulkan keluhan alergi anda. Dengan demikian anda dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk mengantisipasi faktor-faktor pencetus tersebut.

Tindakan mengucek mata juga sebaiknya tidak anda lakukan. Selain menyebabkan iritasi akibat gesekan yang ditimbulkan, tindakan mengucek mata bisa menjadi sarana penyebaran infeksi (dari tangan ke mata dan sebaliknya).

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar