Sukses

Tonjolan tulang punggung

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Pria, 1 tahun.
Dokter, saya mau tanya. Waktu anak saya berumur 6 bulan (sekarang 8 bulan), dia sempat jatuh dari tempat tidur dan tulang claviculanya ada yang patah. Sudah dibawa ke dokter tulang kemudian dipasang tali seperti ransel dan tulangnya sudah dinyatakan tersambung. Sekarang yang menjadi masalah kenapa tonjolan tulang punggung bagian kirinya labih menonjol dibandingkan dengan bagian kanan.Apakah ada tulang lain yang ikut bergeser karena jatuhnya dibahu belakang sebelah kiri? Berbahayakah itu? Ada hubungan apa tulang tersebut dengan bagian tubuh yang lain?Jika harus kembali periksa ke dokter tulang, pertanyaan penting apa yang harus saya ajukan? Sebelum dan sesudahnya, terima kasih.( laki-laki, 1 thn,74 cm,8 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Ijinkan kami mengonfirmasi beberapa data untuk membantu menganalisis apa yang terjadi pada anak anda :

  • dimanakah lokasi tonjolan tersebut, apakah di punggung atas, bawah, atau tengah?
  • apakah ada perubahan warna kulit?
  • apakah benjolan terasa lebih hangat dibanding daerah sekitar?
  • bagaimana fungsi tangan anak ibu, apakah masih dapat bergerak secara aktif?

Jawaban atas pertanyaan di atas akan membantu kami mengetahui apa yang terjadi pada anak ibu. Tulang klavikula berhubungan dengan sendi bahu, tulang dada, dan tulang belikat. Fungsi dari tulang klavikula itu sendiri tidak terlalu banyak berperan di dalam pergerakan sendi bahu sehingga apabila tulang tersebut patah, akan ditangani dengan cara konservatif (terapi menyerupai tas ransel). Umumnya setelah menggunakan tas ransel, tulang klavikula akan menyambung namun tidak akan menyerupai 100% bentuk tulang yang sebelumnya.

Jadi mengenai timbulnya tonjolan di tempat lain tersebut perlu digali lebih dalam. Pada anak-anak, waktu untuk terjadinya remodeling tulang akan sangat panjang. Jadi kelainan bentuk pada klavikula tersebut akan menghilang pada saat dewasa. Kami sarankan anda kembali ke dokter spesialis bedah tulang untuk mengevaluasi lebih lanjut mengenai keluhan yang terjadi pada anak anda. Evaluasi tersebut berupa pemeriksaan fisik (untuk mengetahui lebih dalam) dan apabila perlu ditambah dengan pemeriksaan penunjang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar