Sukses

Nyeri dada kanan (2)

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 24 tahun.
Menyambung pertanyaan saya sebelumnya tentang nyeri dada, berikut saya sampaikan informasi tambahan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh tim klikdokter.com : Sejak kapan keluhan nyeri dada kanan ini terjadi ? -- kapan persisinya saya lupa, tapi yang terakhir 3 hari yang lalu. Apakah ada riwayat trauma/jatuh sebelumnya? -- dulu saya pernah jatuh dari motor, dan dada saya kena setir. Tapi saya juga lupa apakah posisi itu sama dengan posisi yang sakit sekarang. Apakah anda rajin berolahraga?dan apakah apabila anda berolahraga anda melakukan pemanasan sebelumnya? -- saya termasuk orang yang malas olahraga, jarang sekali. Dan itu pun hanya jogging dan tanpa pemanasan. Dimanakah lokasi tepatnya nyeri tersebut?di atas, di bawah, agak ke tengah, atau dimana? -- lokasi tepatnya di dada bagian kanan atas dan agak ke tengah (tapi bukan di tengah). Yang terasa nyeri adalah tulang iga, bukan dibalik tulangnya. Apakah nyeri berhubungan dengan makanan? -- kayaknya tidak. Tapi suami saya adalah perokok. Dan nyeri itu kadang muncul jika saya satu ruangan dengan suami saya yang sedang merokok. Begitupun dengan orang lain yang merokok, dada saya akan terasa sesak. Apakah anda memiliki riwayat sakit maag sebelumnya? -- ya, saya punya riwayat sakit maag bahkan pernah opname beberapa hari karena sakit maag. Apakah ada riwayat penyakit paru sebelumnya? tidak. Demikian informasi tembahan yang bisa saya berikan. Semoga bisa memperjelas analisa terhadap masalah yang saya hadapi. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.( perempuan, 24 thn,150 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih atas konfirmasi jawaban pertanyaan yang kami ajukan. Data yang anda berikan diatas akan membantu mengetahui apa yang terjadi pada anda. Berdasarkan keterangan anda bahwa nyeri dada tersebut terdapat di bagian kanan atas dan agak ke tengah, maka kemungkinan bahwa nyeri tersebut berasal dari sakit lambung / maag (gastritis) dapat disingkirkan. Nyeri yang terjadi tidak berhubungan dengan makanan maka kemungkinan Refluks Gastroesofageal akibat asam lambung berlebih juga dapat disingkirkan.

Kemungkinan yang ada saat ini berasal dari kulit, cidera / kram otot, dan gangguan paru. Kemungkinan ini bukan gangguan dari kulit ataupun otot karena anda jarang berolahraga ataupun nyeri ini tidak terjadi setelah anda melakukan aktivitas yang berlebihan. Jadi kemungkinan paling besar adalah nyeri pada anda terjadi akibat gangguan dari saluran pernapasan. Mungkin istilah nyeri sedikit bersinggungan dengan istilah sesak. Dapat saja sebenarnya keluhan anda adalah sesak napas dan karena sulit untuk menarik napas maka yang anda keluhkan adalah nyeri dada.

Ditunjang bahwa keluhan ini terjadi ketika anda berada di sekitar orang yang merokok, maka kemungkinan asap rokok adalah penyebab dari nyeri/sesak yang anda rasakan. Mungkin saja anda dulu tidak merasakan keluhan ini apabila berada di sekitar orang yang merokok. Namun sifat akumulasi terhadap alergen (zat penyebab alergi), dalam hal ini asap rokok, dapat saja baru mencetuskan keluhan tersebut saat ini.

Kemungkinan penyakit yang dapat saya kemukakan adalah asma, alergi, atau bronkitis (radang pada bronkus-saluran pernapasan). Ketiga gangguan saluran pernapasan ini dapat terjadi akibat pencetus asap rokok. Mungkin dapat diperkuat dengan tidak adanya gejala apabila anda tidak terpajan oleh asap rokok.

Saran saya adalah sebaiknya anda menghindari pajanan asap rokok. Mintalah agar suami anda merokok di luar rumah dan mintalah agar teman-teman anda tidak merokok di sekitar anda. Terapi paling baik untuk gangguan saluran pernapasan seperti ini adalah menghindari pencetus. Apabila keluhan berlanjut, maka saya sarankan agar anda berkonsultasi ke dokter spesialis paru untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut baik pemeriksaan fisik maupun pemerikasaan penunjang guna terapi yang optimal.

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar