Sukses

Ketuban pecah dini
20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dok..saya pernah hamil dan pada usia kehamilan 18 minggu bayi saya meninggal di kandungan,diagnosanya waktu itu adalah ketuban saya bocor,padahal saya rutin memeriksakan kandungan saya,pertanyaan saya adalah apa yang menyebabkan bocornya ketuban dok? sampai saat ini saya masih juga belum hamil...di vagina saya pernah ada benjolan seperti bisul yang rasanya menganggu sekali..lalu saya basuh dengan albothyl concentrate dan mulai mengecil...apa penyebabnya ya dok? saya selalu menjaga kebersihan daerah vital saya dengan baik... terima kasih dok..( perempuan, 32 thn,167 cm,76 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kondisi yang anda alami, atau yang anda sebut sebagai ketuban bocor di dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama Ketuban Pecah Dini (KPD). Ketuban pecah dini (KPD) didefinisikan sebagai pecahnya ketuban sebelum waktunya melahirkan. Hal ini dapat terjadi pada akhir kehamilan maupun jauh sebelum waktunya melahirkan. KPD preterm adalah KPD sebelum usia kehamilan 37 minggu. Jadi dalam kasus anda, anda mengalami KPD preterm karena KPD terjadi pada usia kehamilan 18 minggu.

Pada sebagian besar kasus, penyebabnya belum ditemukan. Faktor yang disebutkan memiliki kaitan dengan KPD yaitu riwayat kelahiran prematur, merokok, dan perdarahan selama kehamilan. Beberapa faktor risiko dari KPD :

  1. Inkompetensi serviks (leher rahim) atau leher rahim yang tidak kompeten (dapat membuka sebelum waktunya)

  2. Polihidramnion (cairan ketuban berlebih)

  3. Riwayat KPD sebelumya

  4. Kelainan atau kerusakan selaput ketuban

  5. Kehamilan kembar

  6. Trauma

  7. Serviks (leher rahim) yang pendek (<25mm) pada usia kehamilan 23 minggu

  8. Infeksi pada kehamilan seperti bakterial vaginosis

Salah satu faktori risiko diatas sudah dapat menyumbangkan kejadian KPD pada ibu hamil. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai KPD melalui artikel kami di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/134

Mengenai pertanyaan anda yang kedua, benjolan seperti bisul di vagina anda salah satu kemungkinannya adalah infeksi kelenjar bartholin. Bartholinitis merupakan infeksi kelenjar Bartholini  yang letaknya bilateral pada bagian dasar labia minor (bagian seperti jengger di dalam alat kemaluan wanita). Kelenjar ini bermuara pada posisi kir-kira jam 4 dan jam 8. Ukurannya sebesar kacang dan tidak melebihi 1 cm, dan pada pemeriksaan dalam keadaan normal tidak teraba.

Infeksi pada kelenjar ini disebabkan oleh kuman golongan staphylococcus dan gonococcus.Penyebab lain adalah peradangan dan sumbatan dari saluran bartholin. Terapinya dengan menggunakan antibiotika sesuai golongan kuman tersebut. Apabila kronik dan membentuk kista, maka terapinya akan disesuaikan dengan ukuran kista, keluhan nyeri, dan usia pasien. Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin apabila keluhan ini semakin mengganggu. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar