Sukses

Bayi tidak mau makan

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 29 tahun.
halo dok, anak saya 7 bulan 19 hari. berat 8,3 panjang 69. sejak 3 bulan sudah diberi bubur susu. ketika 6 bulan saya mulai memberi dia bubur beras merah (kadang instan, kdg buat sendiri) dicampur ati atau daging ayam. pokoknya yang manis2 dia suka. saat itu walaupun perhatiannya harus dialihkan, dia mau makan. tapi seminggu ini sulit sekali menyuapi dia, sudah dicoba menu yang sama sampai yang baru dia tetap mengunci mulutnya. bahkan tdk jarang sendoknya dipukul dan dia berontak dari gendongan, padahal sudah saya alihkan perhatiannya atau saya buat suasana seriang mungkin, sambil bernyanyi atau main melihat2 hewan/taman. akhirnya saya saring bubur & ayam/ati tsb dicampur dengan susu, baru dia mau minum. gimana yah dok, kelihatannya dia malas sekali mengunyah. pernah saya tunggu sampai dia lapar tapi malah dia mengantuk dan tdk jadi makan. kalau saya lepas, dia girang sekali bermain. keliatan bahwa dia tidak menyukai aktifitas makan. padahal usia 5 bulan beratnya 8,2. setelah 7 bulan 8,3kg. dikit sekali nambahnya kan dok... BABnya dulu 2x sekari, sejak malas makan malah jadi 6-7 kali sehari, sedikit2, tp normal/tidak keras atau lembek. ohya, sekarang dia sudah rambatan dan giginya sudah tumbuh atas bawah 5 buah. yg ingin sy tanyakan lebih lanjut : 1. kenapa dengan anak saya ya dok, apa memang sedang masanya? atau ada faktor psikis sbg penyebabnya? apakah dengan mencampur buburnya dengan susu akan membuat bayi saya jangka panjangnya tambah malas mengunyah? saya kuatir menginjak usia seharusnya dia sudah beralih ke nasi tim, dia masih belum menerima, bagaimana dengan asupan gizinya dok... 2. saya dengar pemberian vitamin dengan kandungan lysin akan dapat menambah nafsu makan bayi. apakah dokter dapat merekomendasikan vitamin yg cocok untuk bayi saya? atau berapa mg idealnya kandungan lysin dalam vitamin bayi? adakah alternatif untuk penambah nafsu makan selain lysin? 3. kenapa frekuensi BABnya yg bertambah ya dok? tolog dijawab ya dok, pusing saya nih...sy berharap dapat memberikan asupan gizi yg optimal untuk anak saya. terimakasih banyak sebelumnya dok. ( perempuan, 29 thn,165 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Untuk menganalisis lebih tajam alangkah baiknya apabila ibu mencantumkan jenis kelamin dari anak ibu. Menurut WHO, berdasarkan usia yaitu 7 bulan, persentil 50 atau median dari berat badan anak perempuan berada pada kisaran 7,6 kg. Sedangkan persentil median dari berat badan anak laki-laki berada pada kisaran 8,3 kg. Jadi menurut perhitungan WHO anak ibu masih memiliki berat badan dalam kisaran normal.

Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan.

Pada usia 6- 9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI masih WAJIB diberikan, dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena kandungan yang terasupi menjadi lebih lengkap.

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang ibu ajukan.

1. kenapa dengan anak saya ya dok, apa memang sedang masanya? atau ada faktor psikis sbg penyebabnya? apakah dengan mencampur buburnya dengan susu akan membuat bayi saya jangka panjangnya tambah malas mengunyah? saya kuatir menginjak usia seharusnya dia sudah beralih ke nasi tim, dia masih belum menerima, bagaimana dengan asupan gizinya dok

Perilaku bayi seperti yang anak ibu lakukan yaitu mengunci mulutnya ketika makanan datang sebenarnya adalah salah satu fase yang akan dilalui oleh semua bayi. Perilaku bayi yang tidak mau makan bukan karena bayi kehilangan selera makan. Yang lebih mungkin terjadi adalah bayi sedang menempatkan diridalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan di usia menjelang 1 tahun kenaikan berat badannya  tidak secapat di bawah usia 1 tahun.

Semua tingkah laku bayi harus dihadapi orangtua dengan sabar, dan tidakperlu kesal atau marah sampai harus memaksa bayi makan, karena kalau itu yang terjadi malah tidak sehat karena dapat membuat bayi trauma

Selain itu, faktor lain yang dapat memicu perilaku bayi tersebut adalah bertambahnya minat bayi terhadap dunia di sekitarnya. Saat ini jadwal makan justru terasa "sangat mengganggu" bayi, lantaran ia sebenarnya inginterus bergerak, bukannya duduk manis untuk makan. Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan dan dapat dilihat, sehingga jadwal makan hanyalah menyita waktu.

Selain itu, di usia bayi menuju batita, kemandirian bayi mulai tumbuh. Ini mempengaruhi reaksinya pada makanan yang disantapnya. Bayi yang sedang dalam proses berkembang menjadi batita memutuskan dialah yang menjadi tuan di meja makan, bukan orangtua atau pengasuhnya. Karena itu bayi mulai memilih makanan yang ingin dikonsumsi.

Dalam keadaan seperti ini sebaiknya orangtua mengikuti kemauan bayi dulu. Pastikan saja bayi mendapat makanan pengganti, misal, snack bergizi dan susu. Pada suatu saat kebiasaan ini akan berlalu juga.

Kemungkinan lain penyebab bayi tidak mau makan selain faktor psikologis adalah faktor fisik seperti bayi akan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi memang membuat rasa tidak enak pada bayi sehingga ia menolak untuk makan. Bayi yang sedang tidak enak badan seperti batuk-pilek juga bisanya melakukan hal yang sama. Apabila ibu curiga karena ada sebab lain atau masalah medis yang mendasari tingkah lakunya maka ibu dapat membawanya ke DSA untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tips untuk membuat anak mau makan adalah beri kesempatan anak makan sendiri. Dengan makan sendiri anak akan merasa tugas barunya yaitu makan sendiri sangat menarik hatinya.Kedua, cobalah biarkan anak sendirian. Letakkan makanan di hadapannya, dan sibukkan diri Anda. Kemuadian hentikan acara makan apabila anak tidak mau makan dan beri anak peringatan tegas (bukan marah tapinya) agar anak tidak mengulangi lagi perbuatannya. Lakukan secara berulang, anak akan segera mengetahui maksud Anda.

2. saya dengar pemberian vitamin dengan kandungan lysin akan dapat menambah nafsu makan bayi. apakah dokter dapat merekomendasikan vitamin yg cocok untuk bayi saya? atau berapa mg idealnya kandungan lysin dalam vitamin bayi? adakah alternatif untuk penambah nafsu makan selain lysin?

Lysine adalah asam amino esensial, dalam artian esensial untuk kesehatan manusia namun tidak dapat dibuat oleh tubuh. Lysine penting untuk menunjang pertumbuhan dan bersama vitamin D3 memperbaiki penyerapan kalsium dalam tubuh. lysine sendiri memang dapat meningkatkan nafsu makan. Sumber lysine terbaik ada di dalam daging, keju, ikan, kacang, telur, kedelai, dan spirulina. Pada usia 5 bulan - 2 tahun lysine dibutuhkan sekitar 69 mg/kgBB/hari.

Apabila kandungan nutrisi bayi dapat tercukupi dari makanan sehari-hari maka tidak perlu tambahan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan, mengingat ini adalah salah satu fase yang memang dilalui oleh bayi ibu.

3. kenapa frekuensi BABnya yg bertambah ya dok?

Umumnya frekuensi BAB bertambah atau berubah dikarenakan penyesuaian terhadap pola makan yang baru. Terkadang dapat juga akibat dari ketidaksesuaian terhadap jenis makanan yang diperkenalkan.

Semoga penjelasan saya diatas dapat dipahami oleh ibu dan dapat membantu mengurangi kekhawatiran yang ibu rasakan. Sekian. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    2 Komentar

    • Isnainidua Sie Ciyee

      Minta konsultasinya ya dok..ini anak saya udah umur 9 bulan tapi tetap susah makan ..tidak mau di kunyah dan ditelan..sudah berbagai cara sudah dilakukan. Tapi tetap saja dok...

    • Selamat pagi dok.. Saya mau konsul ni dok anak saya usia ya sudah menginjak 10bulan dia susah banget mkan dok..apa boleh dok dikasih obat nafsu makan?