Sukses

Kebiasaan menahan kemih

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter saya mau tanya apa efeknya kalau orang yang suka nahan kencing (maaf), apa bisa kencing batu, bagaimana kalau sedang tidur malam kan selama 8 jam tidak kencing2. Terima kasih( laki-laki, 43 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Berkemih merupakan proses yang kompleks. Pada anak, berkemih dilakukan di luar batas kesadarannya. Namun seiring berjalan waktu, manusia belajar untuk mengendalikannya - dengan menahan kemih misalnya. Kandung kemih dewasa umumnya dapat menampung air kemih hingga 500-620 cc. Perasaan ingin berkemih timbul saat air kemih mencapai 300-400 cc (sekitar 75% kapasitas total). Saat perhatian anda teralih, keinginan berkemih tersebut dapat berangsur hilang dan akan timbul kembali seiring penambahan air kemih, begitupun yang terjadi saat tidur dimana perhatian anda berada pada alam bawah sadar anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa berkemih merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh. Menahan air kemih sama saja dengan menahan zat-zat sisa metabolisme tersebut. Sisa air kemih pada kandung kemih juga merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman sehingga dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Keluhan yang umum dirasakan adalah nyeri dan terasa panas saat  buang air kecil (BAK), gangguan BAK lain (tidak lampias, terputus-putus, dsb) hingga nyeri perut bawah. Dan bila tidak ditangani secara optimal, infeksi saluran kemih dapat berkembang menjadi batu.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter) 

    0 Komentar

    Belum ada komentar