Sukses

Rasa tidak enak pada tenggorokan (2)

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 28 tahun.
Kepada yth. Klikdokter Saya menanggapi dari apa yang disampaikan oleh klikdokter pada article 2557. Saya tidak merasa berat badan saya menurun, saya juga merasa tidak pernah kehilangan nafsu makan. yang saya rasakan setelah makan saya selalu merasa ingin bersendawa terus menerus, jika rasa itu saya tahan timbul rasa mual dan pengen muntah. Saya takut untuk ke Dr.Spesialis makanya saya mencoba konsulatasi dengan klikdokter. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.( perempuan, 28 thn,158 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, keluhan yang anda alami saat ini bisa jadi merupakan keadaan yang berdiri sendiri atau bagian dari gejala suatu kondisi yang lebih serius. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk menggali berbagai kemungkinannya.

Kemudian anda mengatakan bahwa anda merasa selalu ingin bersendawa setelah makan dan merasa mual dan muntah bila anda menahannya. Sendawa merupakan salah satu usaha tubuh mengeluarkan gas dalam perut melalui mulut.  Umumnya sendawa disebabkan oleh peregangan perut akibat menelan udara atau gas. Peregangan perut menyebabkan rasa tidak nyaman, dan sendawa dapat mengurangi rasa penuh tersebut sehingga bila anda menahannya tentu akan memicu timbulnya rasa mual dan kemudian muntah. Penyebab lain sendawa adalah makan dan minum terlalu cepat, rasa panik, dan minuman karbonasi.

Sendawa bukan gejala yang spesifik untuk jenis penyakit tertentu, bahkan sendawa juga dapat ditemukan pada keadaan normal.

"Apakah anda merasakan keluhan lain seperti nyeri perut, perut kembung, dan rasa mudah kenyang setelah makan sejumlah kecil makanan?"

Jika ada maka saya menduga anda menderita suatu keadaan yang disebut dispepsia, yaitu gangguan saluran pencernaan atas. Keluhan ini seringkali dipicu oleh makan, saat fungsi pencernaan bekerja keras.

Saya mengerti anda takut ke dokter spesialis namun tugas dokter adalah membantu anda mengatasi masalah medis yang anda alami. Bila anda merasa keluhan lain seperti yang saya sebutkan di atas akan lebih baik bila anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam. Anda tidak perlu merasa khawatir karena apapun yang dilakukan oleh dokter adalah untuk kesehatan anda. Kesehatan ini sangat mahal harganya sehingga diagnosis dan terapi dini tentunya akan mendatangkan hasil lebih baik.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar