Sukses

Takut cabut gigi ?

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 29 tahun.
Sakit pada gigi Impaksi molar tiga Dokter yg budiman, Saya ada masalah dengan impaksi molar 3. Intinya saya takut di cabut tp udah brbrp opini dr bbrp dokter gigi, minta saya agar mau d cabut. Gimana y dok, supaya saya g takut. Temen saya d kasi obat penenang saat mau cabut gigi. Tp dokter gigi saya pada ga ada yg mau. Makasi dok.( perempuan, 29 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Tidak sedikit pasien yang mengalami dental fear/anxiety, alias ketakutan dan kecemasan untuk berkunjung atau berobat ke dokter gigi. Sebetulnya asal Anda yakin dan percaya dengan dokter gigi yang merawat Anda, ketakutan dan kecemasan itu mungkin bisa sedikit diredakan. Tapi kalau memang perasaan itu sulit diatasi, sebetulnya ada cara yang mungkin dapat membantu Anda.

Pendekatan untuk pasien yang mengalami dental fear dapat dilakukan dengan cara farmakologi, alias pendekatan dengan menggunakan obat-obatan tertentu seperti obat analgesik (penghilang rasa sakit) atau obat penenang seperti halnya rekan Sdr.Pendekatan ini juga dapat menggunakan gas N2O, yang membantu untuk meredakan kecemasan pasien, namun pasien tetap sadar saat tindakan dilakukan.

Selain itu, perawatan pasien dengan kecemasan/ketakutan berlebihan dapat dibantu dengan pendekatan non farmakologis, contohnya hypnotherapy. Dengan metode ini, pasien dibantu untuk relaksasi dengan cara hipnotis. Setelah pasien dapat mencapai kondisi relaksasi dalam, pikiran bawah sadarnya  akan terbuka, dengan demikian pasien tersebut dapat lebih mudah untuk menerima sugesti penyembuhan yang diberikan. Metode ini sudah banyak diterapkan untuk mengatasi ketakutan pasien yang akan dicabut gigi, terutama di rumah sakit besar. Demikian penjelasan saya, bila ada yang masih kurang jelas dapat mengajukan pertanyaan kembali.

Terima kasih.

(Drg.Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar