Sukses

Kandidiasis dan kandidiasis sistemik?

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 35 tahun.
Apakah yang dimaksud Candidiasis dan Candidiasis Sistemik ? dimana perbedaan keduanya ? apakah itu masuk kategori penyakit ? Mohon penjelasannya. Terima kasih Iis( perempuan, 35 thn,165 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaab normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Kandida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Berdasarkan lokasi infeksinya, keluhan yang dapat ditimbulkan adalah:

Vagina : gatal, rasa terbakar, pembengkakan, keputihan

Mulut    : rasa tidak nyaman, terbakar, perubahan rasa pengecapan, terbentuk lesi putih pada dinding mulut

Saluran pencernaan: mual, nyeri menelan, diare, terbentuk lesi putih pada dinding saluran pencernaan

Kulit      : gatal, timbul lesi kulit khas

Pada seseorang dengan jumlah sel darah putih sedikit (AIDS, kemoterapi, leukemia), infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dapat mengancam nyawa (Kandidiasis sistemik). Infeksi dapat meliputi otak, jantung, ginjal, mata, hati, saluran genital dan sendi.

Sebagai kesimpulan, kandidiasis ataupun kandidiasis sistemik sama-sama disebabkan oleh jamur Candida sp., perbedaan keduanya terletak pada daya tahan tubuh seseorang. Semakin rendah daya tahan tubuhnya, semakin tinggi risiko infeksi Candida sp. secara sistemik.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar