Sukses

Endometriosis dan hidrosalping tuba

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 28 tahun.
YTH dokter Saya menikah 1,5 th dan sedang merencanakan kehamilan, 1 th yl sy operasi kista endometrium kanan kmdn di terapi hormon suntik 1 bln sekali selama 4 bln setelah itu dokter menyarankan tes HSG dan dinyatakan mengalami hydrosalphing tuba kanan, untuk memastikan dokter melakukan laparascopy dinyatakan terjadi perlengketan dirongga panggul(cavum douglas) dan menyarankan untuk dioperasi lg untuk membuka perlengketan tersebut sementara itu dokter hy memberi obat agnucaston dan profertil tp sampai kpn saya hrs mengkonsumsi obat tersebut? hrskah saya dioperasi untuk membuka perlengketan tersebut tdk adakah cara lain? trimakasih( perempuan, 28 thn,160 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Profertil adalah preparat hormonal yang berisikan clomiphene citrate yang diindikasikan untuk pasien dengan gangguan kesuburan. Ovulasi (keluarnya sel telur) umumnya terjadi 6-10 hari setelah dosis terakhir profertil digunakan. Profertil memang diindikasikan untuk merangsang terjadinya ovulasi. Agnucaston berisikan zat aktif Vitex agnus-castus fruit extr yang diindikasikan untuk gangguan kesuburan yang berkaitan dengan insufisiensi korpus luteum.

Efek akan obat ini sebaiknya dievaluasi. Apabila terjadi kehamilan, maka kedua obat ini akan dihentikan. Hal ini disebabkan karena kedua obat ini berperan di dalam peningkatan kesuburan. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter kebidanan yang merawat anda karena evaluasi efek obat ini dilakukan oleh beliau.

Mengenai hydrosalpinx tuba atau perlengketan dari tuba kanan, umumnya terjadi karena infeksi dari saluran tuba. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, riwayat operasi sebelumnya, penyakit TBC, dan perlekatan akibat endometriosis dan kanker di sekitar tuba. Faktor risiko yang anda miliki salah satunya adalah endometriosis sebelah kanan.

Hydrosalpinx tuba memang ditangani dengan cara operasi yaitu membuka saluran tuba secara langsung . Namun apabila terjadi kerusakan yang berat pada saluran tuba dimana sel telur tidak dapat keluar meskipun sudah dikoreksi dengan operasi, maka sebaiknya dipertimbangkan cara lain yang tidak melibatkan saluran tuba untuk dapat hamil. Diantaranya adalah program IVF (In Vitro Fertilization) atau dikenal dengan program bayi tabung.

Namun program IVF pun memiliki beberapa persyaratan apabila ingin dilakukan. Perlu ibu perhatikan bahwa perlengketan tuba ibu hanya berada di satu sisi (kanan) yang berarti tuba sebelah kiri ibu tidak memiliki masalah. Dalam artian, sebenarnya sel telur masih bisa keluar dari tuba sebelah kiri. Karena itulah ibu diberikan obat-obatan seperti profertil dan agnucaston untuk merangsang pengeluaran sel telur, (dalam hal ini terutama sebelah kiri), sehingga ibu tidak perlu sampai melakukan prosedur IVF. Berkonsultasilah lebih dalam dengan dokter spesialis kebidanan yang menangani ibu agar didapatkan penanganan secara menyeluruh untuk permasalahan yang ibu hadapi saat ini.

Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar