Sukses

Kista hati

20 Oct 2014, 09:45 WIB
Wanita, 0 tahun.
Adik saya mengeluh bagian perutnya sakit dan sering diare. Hasil city scan menyatakan terdapat penyebaran kista disekitar hati. Pemerikasaan darah normal. Hingga saat ini masih dirawat dirumah. Pernah dirawat dirumah sakit tetapi setelah 1 minggu belum ada tindakan apa2. Penyakit apakah ini? Bagaimana mengatasinya? Apa yang sebaiknya kita lakukan? (Pria, 28 thn, 178 cm, 70 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Perihal penjawaban kasus anda, meninjau bobot pertanyaan anda terjawab dalam aspek medis, penting adanya untuk melakukan korespondensi berikutnya melalui fitur layanan e-konsultasi kami. Adapun alamat admin@klikdokter.com merupakan destinasi korespondensi keperluan teknis Klikdokter.com.

Demikian informasinya, atas perhatiannya terima kasih.

Mengenai pertanyaan yang anda ajukan, alangkah lebih baik apabila anda mencantumkan jenis kelamin, usia, BB, dan TB adik anda agar dapat dievaluasi lebih baik lagi. Data dasar yang saya sebutkan diatas dapat diisi di fitur layanan ekonsultasi klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya akan berikan beberapa pendahuluan mengenai kista hati. Kista di hati dapat terdiri atas kista sederhana (simple cyst), kista multipel, Polycystic liver disease (PCLD), kista parasit atau hydatid cyst, tumor kistik, dan abses hati. Umumnya penyakit-penyakit ini dibedakan berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan radiologis. Mungkin anda dapat menanyakan ke dokter yang bersangkutan, jenis apakah kista hati yang adik anda alami?

Hal ini disebabkan karena terapi antara masing-masing penyebab tersebut berbeda-beda. Kista sederhana dan PCLD kemungkinan disebabkan oleh gangguan kongenital atau bawaan. Tumor kistik merupakan hepatoma (kanker hati) yang terkadang memang agak sulit dibedakan dengan kista pada hati. Kista hidatid adalah kista yang disebabkan oleh parasit Echinococcus granulosus. Umumnya parasit ini ditemukan di daerah peternakan. Abses hati dapat disebabkan oleh amuba atau bakteri.

Terapi yang dilakukan dapat berupa terapi medikamentosa (obat-obatan) ataupun terapi operasi dimana kista hati tersebut diangkat. Saya sarankan anda banyak berkonsultasi ke dokter yang merawat adik anda untuk mengevaluasi lebih lanjut penyebab kista ini dan terapi apa yang sebaiknya dilakukan. Saat ini yang dapat dilakukan oleh keluarga adalah membantu meningkatkan asupan gizi adik anda. Daya tahan tubuh yang baik akan membantu proses penyembuhan. Istirahat yang cukup umumnya dibutuhkan pada pasien dengan gangguan fungsi hati. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar