Sukses

Gangguan tidur

20 Oct 2014, 11:10 WIB
Wanita, 24 tahun.
dear dokter,..saya sering sekali merasa ngantuk di sepanjang hari padahal tidur malam saya cukup sekitar 8-9 jam. dan satu hal lagi saya selalu merasa kelelahan saat bangun tidur pagi seakan-akan saya baru habis kerja berat.itu knapa ya dok???( perempuan, 24 thn,168 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Gejala yang anda sebutkan dimana terasa lelah ketika bangun pagi dan mengantuk sepanjang hari menandakan tidur yang kurang berkualitas. Yang dibutuhkan di dalam tidur adalah kualitas tidur. Kuantitas atau jumlah tidur yang mencukupi namun tidak diikuti dengan kualitas tidur yang baik akan menghasilkan rasa lelah di badan.

Kualitas dan kuantitas tidur yang cukup sangat penting karena tidur membantu meningkatkan konsentrasi dan membangun memori. Tidur sampai bermimpi (REM) berguna untuk mengatur mood. Energi dapat kembali dikumpulkan serta perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan pertumbuhan terjadi di kala tidur.

Gangguan tidur memiliki beberapa gejala, diantaranya :
  • sulit bangun di pagi hari
  • kurangnya performa di tempat kerja, sekolah, tempat olahraga
  • kecerobohan meningkat
  • sulit membuat keputusan
  • tertidur ketika sedang rapat atau di kelas
  • mudah tersinggung atau 'bad mood'
Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam. Tidur sendiri memiliki beberapa tahapan. Memahami beberapa tahapan tidur akan membantu anda untuk mencapai tidur yang lebih baik. Tidur anda diatur oleh 'internal body clock' atau jam tidur tubuh sendiri, sensitivitas terhadap cahaya, dan waktu (siang-malam). Terdapat 2 jenis tipe tidur, tidur REM (Rapid Eye Movement) yaitu mencapai tahapan bermimpi di kala tidur dimana mata anda bergerak-gerak di kala tidur. Non-REM (NREM) adalah tidur yang mencapai 4 tahapan yang semakin lama semakin dalam tidurnya. Masing-masing tahapan tidur tersebut penting untuk kualitas tidur anda.

Yang paling penting diantara tahapan tidur tersebut adalah fase REM dan tidur dalam. Hal ini disebabkan kedua fase inilah yang memproses memori, emosi, dan stres. Memaksimalkan tidur ini dapat dilakukan dengan cara membuat lingkungan tidur senyaman mungkin dan minimalisasi suara mengganggu yang datang dari luar.Menambah waktu tidur di pagi hari (1/2 - 1 jam) dapat meningkatkan fase REM dan dapat memperbaiki mood sepanjang hari.

Kondisi badan yang terlalu lelah atau stres juga dapat mengganggu kualitas tidur. Tenangkan diri anda dan berusahalah relaksasi sebelum waktu tidur tiba. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah :
  • memperbaiki kebiasaan tidur (waktu tidur dan bangun teratur, jumlah jam tidur tetap)
  • menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dengan ukuran tempat tidur yang cukup besar,
  • bantal dan guling yang empuk, tidak berisik, temperatur ruang yang nyaman, dan pakailah
  • tempat tidur hanya untuk tidur
  • hindari makanan atau minuman yang dapat mengganggu tidur (kopi, alkohol)
  • mengubah pola hidup lebih sehat dengan cara :
  • Berolahraga teratur. Olahraga dilakukan di pagi atau sore hari. Apabila dilakukan jauh di malam hari justru dapat menstimulasi tubuh dan meningkatkan suhu tubuh sehingga dapat mengganggu tidur
  • Matikan lampu atau pakai lampu tidur. Tubuh bereaksi sensitif terhadap cahaya
  • Hindari kafein, alkohol, dan merokok
Apabila dengan saran saya diatas tubuh anda masih merasa lelah dan ngantuk sepanjang hari, maka saya sarankan untuk berkonsultasi ke psikolog untuk masalah tidur yang anda hadapi. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu anda tidur lebih nyenyak. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar