Sukses

Meningkatkan berat badan setelah TBC

20 Oct 2014, 09:44 WIB
Pria, 24 tahun.
Saya pernah mengidap TBC namun setelah menjalani perawatan selama 6 bln saya dinyatakan sembuh. Yg ingin saya tanyakan adalah berat badan saya koq tidak naik? Apakah ada pengaruh dgn penyakit saya? Bagaimana cara menaikkan berat badan saya? Terima kasih( laki-laki, 24 thn,184 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

TBC adalah penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman kelompok Mycobacterim tuberculosis.  Cara penularan penyakit ini melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita TB yang dalam udara yang dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30o). Orang dapat terinfeksi apabaila droplet tersebut terhirup dalam saluran pernapasan.

Terapi pada pengobatan TBC umumnya 6 bulan, kecuali pada TBC kambuh. Terapi tersebut terbagi atas 3 kategori disesuaikan dengan klinis, radiologi dan BTA. Pada umumnya setelah pengobatan berjalan selama 2 bulan (teratur), maka akan didapatkan perbaikan klinis berupa berkurangnya batuk, kenaikan berat badan, dan keluhan lain yang berkurang. Namun memang tidak semuanya didapatkan pada seorang pasien.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah, berapakah berat badan anda sebelum anda menderita penyakit TBC? adakah penurunan berat badan yang signifikan atau anda memang memiliki berat badan 52 kg dari dulu? Apabila memang terdapat penurunan berat badan sebelum mengalami TBC, pada umumnya dengan pengobatan maka berat badan akan kembali naik lagi.

Saat ini karena anda sudah dinyatakan sembuh maka yang saat ini dapat dilakukan adalah meningkatkan asupan gizi anda dengan cara :

  • Makan teratur 3x makan besar diselingi 3x makan kecil dengan proporsi gizi seimbang namun dengan porsi yang lebih banyak
  • Tingkatkan asupan karbohidrat dan protein
  • Berolahraga yang teratur (3x/minggu) karena olahraga dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh, bermanfaat untuk menjaga kesehatan, dan meningkatkan nafsu makan
  • Istirahat teratur dalam artian tidur 6-8 jam sehari dengan jam tidur dan jam bangun yang teratur

Semoga dengan saran saya diatas berat badan anda dapat naik. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar