Sukses

Pusing, pucat, mata kuning?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
dokter saya sering sekali pusing dan wajah saya juga sering kelihatan pucat dan mata saya juga kelihatan kuning tidak seperti orang yang sehat. yang mau saya tanyakan apa yang menyebabkan mata saya kuning dan tidak cerah. apakah itu memungkinkan saya terkena suatu penyakit seperti lever atau apapun?? dan apakah ada obat atau alternatif yang bisa saya lakukan untuk mencegah atau mengobati semua itu?? terima kasih dokter ( perempuan, 23 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya mengerti anda khawatir terhadap keluhan-keluhan yang anda alami saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang ingin saya konfirmasi terlebih dahulu:

- "Sejak kapan anda merasakan keluhan-keluhan tersebut?"

- "Apakah anda merasa kulit anda terlihat lebih kuning? Bila iya, pada bagian mana tepatnya?"

- "Apakah ada keluhan lain menyertai seperti badan lemas dan nyeri, demam, gatal-gatal, mual, muntah,

   nafsu makan berkurang dan diare?

Keluhan mata kuning dapat timbul pada beragam kondisi, tidak hanya akibat gangguan hati / liver. Bergantung pada lokasi gangguannya, keluhan kuning dapat disebabkan oleh faktor pre-hepatik, hepatik, atau post-hepatik.

Pada pra-hepatik, keluhan kuning dapat timbul akibat pemecahan sel darah merah berlebih menyebabkan terbentuk banyak bilirubin dalam darah. Penyebabnya dapat berupa kelainan genetik (kelainan darah), malaria, dsb.

Pada hepatik, mata kuning timbul akibat gangguan pada hati / liver sehingga tidak dapat mengeluarkan bilirubin dalam darah. Selain mata, bilirubin juga dapat mewarnai kulit menjadi kuning. Penyebabnya antara lain infeksi hepatitis, konsumsi alkohol berlebih, dsb.

Sedangkan pada post-hepatik, keluhan kuning dapat timbul akibat gangguan transportasi cairan empedu dari sistem empedu (bilier). Penyebabnya antara lain batu empedu, kelainan pada pankreas, dsb.

Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Yang terbaik yang dapat anda lakukan saat ini adalah segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk konsultasi lebih lanjut agar dapat segera dilakukan terapi yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar