Sukses

Luka berulang dan sulit kering

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
dokter saya mau bertanya.. sekitar tahun 2004 abang saya kecelakaan kemudian tangannya hancur namun sudah kering dan ada bekas luka. dan belakangan ini tangannya itu seperti melepuh atau luka lagi dan susah kering. yang mau saya tanyakan apa obat yang bisa mempercepat penyembuhan luka itu dokter supaya cepat kering. karena saat ini luka itu semakin lebar walaupun sudah ditabur obat tapi belum ada perubahan. tolong ya dokter apabila ada nama obat pengering luka baik itu yang diminum atau ditabur ke luka itu. terima kasih banyak dok.. ( perempuan, 23 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya mengerti anda khawatir mengenai luka pada tangan abang anda yang sulit mengering.

Penyembuhan luka adalah proses tubuh untuk memperbaiki jaringan dermis dan epidermis. Pada luka yang sulit sembuh, patut dicurigai adanya kencing manis, tekanan berulang, dan penyumbatan aliran darah balik (vena). Terapinyapun berbeda pada setiap keadaan. Pada kencing manis, selain perawatan luka perlu dipantau kadar gula darahnya. Dapat juga diatasi dengan oksigen tekanan tinggi. Pada tekanan berulang, perlu dikurangi frekuensi tekanannya dengan merubah posisi tangan yang luka. Dan pada sumbatan aliran darah balik, perlu diberikan balut yang dapat membantu kelancaran aliran darah balik.

Namun apapun penyebab lukanya, yang terpenting adalah perawatan luka agar tetap bersih. Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x / hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. Kassa juga dapat digantikan oleh serta silikon gel yang dipercaya dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Dan apabila luka disertai nanah, perlu diberikan pengobatan antibiotik.

Saran saya sebaiknya anda segera membawa abang anda berobat ke dokter spesialis bedah agar mendapat terapi yang optimal. Diskusikan juga mengenai berbagai kemungkinan di atas. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar