Sukses

Menilai keperawanan wanita?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
dokter saya mau bertanya, teman saya ada yang melakukan hubungan dengan pasangannya namun mereka masih menggunakan pakaian dalam hanya saja si perempuan merasa kalau sekitar vaginanya terasa sakit dan susah untuk berjalan. apakah ada kemungkinan kalau si perempuan tersebut perawannya sudah pecah dan bagaimana kita mengetahui kalau dia sudah tidak perawan lagi?? terima kasih dokter.. ( perempuan, 23 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya mengerti anda khawatir terhadap kondisi teman anda saat ini.

Keperawanan umumnya diartikan sebagai keutuhan selaput dara yang melapisi liang kemaluan wanita (liang vagina).  Definisi ini tidak sepenuhnya benar karena sifat selaput dara yang elastis dan bentuknya yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, pori-pori, dan memiliki septa (pembatas) di tengahnya. Kedua bentuk terakhir inilah yang biasanya lebih mudah teregang bahkan robek menyebabkan timbulnya perdarahan dari kemaluan saat hubungan seksual pertama.

Dan perlu diketahui bahwa robekan pada selaput dara tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Karena strukturnya yang tipis, penggunaan tampon dan olahraga berat juga dapat menyebabkan robekan pada selaput dara sehingga tidak ada cara yang dapat menilai 100% keperawanan seorang wanita.

Mengenai kemaluan teman anda yang terasa sakit dan membuat sulit untuk berjalan, dapat disebabkan oleh gesekan pakaian dalam berulang menyebabkan iritasi kulit sekitar kemaluan. "Apakah teman anda memiliki keluhan lain seperti keluar cairan dari kemaluan dan gangguan buang air kecil?" Bila ada, saya sarankan sebaiknya teman anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat terapi secara optimal.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami dengan baik. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar