Sukses

Tiabendazol, ivermectin dan skabies

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok,saya ingin bertanya; 1. Apakah obat anti parasit oral yang paling aman dan paling aman dan paling efektif? 2. Apakah obat cacing Tiabendazol, Ivermectin oral,bisa membunuh sarcoptes scabeii?Jika bisa,bagaimana mekanisme obat ini membunuh dan berapa dosisnya? 3. Apa efek samping obat2 anti-parasit tersebut? Mohon bantuanya ya Dok..Trimakasih sebelumnya..( laki-laki, 22 thn,167 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih telah memanfaatkan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sarcoptes scabiei adalah sebuah parasit yang menyebabkan penyakit skabies. Manifestasi klinisnya antara lain terbentuk terowongan dan bintik gatal pada kulit ketiak, bahu, tangan, genital, bokong, dsb. Sensasi gatal terutama dirasakan pada malam hari.  Terkait dengan pertanyaan anda:

1. Apakah obat anti parasit oral yang paling aman dan paling efektif?

Pada skabies, bisa dikatakan permetrin merupakan obat topikal paling aman dan efektif, dengan tingkat kekebalan parasit yang rendah. Efek sampingnya hanya terbatas pada peradangan kulit yang terkena. Hampir semua obat skabies digunakan secara topikal, kecuali ivermectin yang umumnya baru digunakan pada skabies berat dengan koreng seluruh tubuh atau yang tidak hilang dengan pengobatan permetrin 5%.

2. Apakah obat cacing tiabendazol, Ivermectin oral, bisa membunuh Sarcoptes scabeii? Jika  bisa, bagaimana mekanisme obat ini membunuh dan berapa dosisnya?

Seperti penjelasan saya sebelumnya, ivermectin dapat digunakan pada kasus skabies yang tidak efektif dengan permetrin 5% atau skabies berat dengan koreng seluruh tubuh. Mekanisme kerjanya adalah dengan memengaruhi sel otot dan saraf parasit menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Dosisnya adalah 200 mcg / kgBB 1x / hari diulang setelah 10 hari.

Tiabendazol juga dipercaya dapat mengatasi skabies dengan menghambat perkembangan parasit dan mengganggu sistem pengantaran saraf namun tidak ada sumber yang menyantumkan dengan jelas dosis pemakaiannya secara oral.

3. Apa efek samping obat anti-parasit tersebut?

Tidak ada obat yang tidak memiliki efek samping, tetapi responnya sangat bervariasi bergantung toleransi setiap individu. Begitupun dengan tiabendazol dan ivermectin.

- Tiabendazol: 

Reaksi alergi, mual, muntah, penurunan nafsu makan, diare, pusing, sakit kepala, kerusakan otak dan hati.

- Ivermectin:

mual, ruam, pusing, gatal, nyeri perut, demam, denyut nadi cepat, eosinofilia, gangguan sistem saraf.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar