Sukses

Hiperprolaktinemia(2)

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok knapa yah sejak saudaraku menjalani terapi hormon sudah hampir 2 bulan (amenorea sekunder) tapi lon juga menunjukkan gejala maw haid. obat yang dikomsumsi kan cyclo progynova nah akhir-akhir ini dia mengalami seperti keputihan tapi cuma cairan saja tapi meninggalka noda kuning. padahal dulu klo dia keputihan pasti ada kayak lendir putih kenyal gitu,,,,hal ini kenapa ya dok kira-kira klo kadar prolaktinnya normal, tapi lon juga haid (denan kadar estrogen ,L dan FSH)yang telah dikasih tu pada pertanyaan sebelumnya. kira2 langkah selanjutnya yag akan dilakukan ap yah dok , soalnya uda periksa ormon estrogen,Lh,FSH dan prolatin trimakasih( perempuan, 21 thn,147 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Anda sudah menjabarkan bahwa yang terjadi saat ini pada saudara anda adalah hiperprolaktinemia, maka memang sebaiknya dicari terlebih dahulu apa yang menyebabkan hiperprolaktinemia tersebut dan baru diterapi sesuai penyebabnya. Obat yang digunakan untuk mengatasi hiperprolaktinemia adalah dopamin agonis dan bromokriptin. Apabila memang tumor adalah penyebabnya, dan tidak dapat dikecilkan melalui obat-obatan maka mungkin operasi adalah jawabannya.

Keputihan yang terjadi asalkan tidak panas, gatal, berbau, maka masih dalam batas normal  yang disebabkan karena pengaruh hormonal.

Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter kebidanan yang merawat saudara anda dan dibicarakan mengenai pencarian penyebab hiperprolaktinemia ini agar dapat diterapi sesuai dengan penyebabnya. Cyclo-progynova bukanlah obat untuk terapi hiperprolaktinemia. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar