Sukses

Gangguan kesuburan karena PCOS

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 27 tahun.
saya (27) dan suami (35) sudah menikah selama 4,5 th tp blm jg hamil. saya pernah konsultasi dengan sp.OG dimana saya menjalani pemeriksaan hormonal, yang menyatakan bahwa kadar LH&FSH tidak seimbang 2;1. dan saya didiagnosa mengalami PCOS. saya mengalami kenaiakan berat badan sebelum menikah 52kg dan sekarang 67kg. apakah kenaikan berat badan yang menyebabakan saya menderita PCOS? apakah therapi yang dapat sya jalani agar segera mendapatkan keturunan? karena selama ini saya diterapi menggunakan metformin, saya merasa mual setelah mengkonsumsi obat tersebut. jadi saya hentikan pemakaian obat tersebut setelah 3 bulan lamanya. apakah ada alternatif pengobatan lainnya dokter? atas bantuannya saya ucapkan terima kasih( perempuan, 27 thn,165 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

PCOS merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya terganggunya siiklus menstruasi. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS dapat menjadi penyebab mentruasi iregular, selain gangguan menstruasi PCOS memiliki gejala lain seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%).

Indeks massa tubuh anda adalah 24,61 yang menurut WHO masih dalam batas ideal. Faktor risiko PCOS adalah riwayat keluarga dengan PCOS, menstruasi iregular, atau diabetes.Obesitas atau berlebihan berat badan merupakan salah satu gejala dari PCOS, bukan menyebabkan PCOS.

Terapi yang dilakukan adalah perubahan gaya hidup dengan diet dan olahraga. Menurunkan berat badan dapat mengurangi produksi hormon androgen. Selain itu terapi medikamentosa untuk PCOS adalah metformin. Efek samping dari metformin memang dapat menyebabkan mual. Umumnya pada pasien seperti ini (seperti anda), dosis metformin akan diturunkan menjadi 1x/hari yang kemudian perlahan-lahan akan ditingkatkan dosisnya. Selain metformin, terapi lain yang juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan adalah clomifene dan suntikan gonadotropin. Mengenai gangguan kesuburan yang anda alami, sebaiknya anda juga berkonsultasi dengan ahli endokrin reproduksi yang umumnya hanya ada di rumah sakit besar.

Sayang sekali anda menghentikan sendiri terapi metformin tersebut, seharusnya anda kembali ke dokter kebidanan yang merawat anda saat itu dan mengemukakan keluhan anda. Terapi ini tidak bisa anda lakukan sendiri, harus ada ahlinya yang mengawasi untuk mengetahui efek dari terapi yang diberikan. Obat selain metformin yang saya katakan di atas pun hanya dapat dikonsumsi sesuai indikasi dan di bawah pengawasan dokter. Jadi saran saya sekarang adalah ubah gaya hidup anda dengan cara menurunkan berat badan serta olahraga dan juga berkonsultasilah ke dokter kebidanan yang dahulu merawat anda. Sekian, semoga apa yang saya berikan membantu memperluas wawasan anda tentang PCOS. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar