Sukses

Bibir kemaluan gatal

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dokter... Seminggu ini bibir vagina saya gatal sekali.. Warnanya jadi kemerah2an.. Itu kenapa ya Dok? Saya belum pernah berhubungan seksual sebelumnya.. (perempuan, 24 thn,163 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Bibir vagina yang gatal memiliki beberapa penyebab, seandainya memang Infeksi Menular Seksual disingkirkan, maka kemungkinan yang ada adalah jamur, virus, infeksi bakteri, alergi, atau perlukaan akibat kelembaban yang meningkat. Apakah memang hanya gatal dan kemerahan saja keluhannya?

Biasanya infeksi-infeksi tersebut diikuti dengan keluhan lain seperti keputihan. Seandainya memang tidak ada keputihan, maka untuk sementara ini cobalah lebih menjaga kebersihan kemaluan. Mungkin saja ini hanya sedikit gangguan akibat lembab dan kurang bersihnya kemaluan.

Saran saya adalah jaga kebersihan kemaluan dengan cara sering berganti celana dalam (terutama bila sudah terasa basah), jangan memakai celana dalam berbahan nilon, keringkan kemaluan menggunakan handuk setelah selesai BAK dan BAB, dan jika anda menggunakan pantyliner, sering-seringlah menggantinya. Semoga dengan saran saya diatas keluhan anda menjadi berkurang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar