Sukses

Obat TBC pada anak

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 27 tahun.
Pagi Dok..anak saya berumur 3thn, waktu dia usia 9 bln sering batuk pilek lalu sy bw ke dokter specialis anak setelah dirontgen ternyata terkena flek, akhirnya ank sy diberi obat paru (puyer warna merah),6 bln pertama dirontgen kembali ternyata kt dokternya obat parunya dilanjutkan sampai 9bln. Pada saat anak sy berusia +/-2thn anak sy kembali batuk pilek dan terjadi pada saat menjelang mlm saja (berdahak)dan itu terjadi hampir 1bln, akhirnya saya memutus kan untuk kespesialis paru dirawamangun oleh Dr. Pradono, beliau bilang masih banyak benjolan yang ada disekitar belakang dileher anak sy dan beliau bilang virus TB nya masih ada, akhir ank saya diberi obat kembali untuk jangka 6bln (warna hijau), setelah 6bln sy konsul kembali ke Dr Pradono dan ternyata diminta obatnya diteruskan selama 6 bln lg(suprazid 250mg,santibi 250mg,sanazet 250mg,dan mftmu cltd alo xxx), yg sy ingin tanyakan apakah tidak berbahaya bagi ank sy untuk meminum obat paru tersebut dalam waktu yg lama, dan apakah sebaiknya saya rontgen kembali bulan desember ini krn sudah memasuki bulan ke9 (obat Dr Pradono), dan apabila hasil rontgen tersebut ank sy dinyatakan bersih dari TB tersebut bolehkah obat paru ini dihentikan karena masih 3bln lg ank sy harus minum obat tersbut oleh Dr Pradono, mohon jawaban dokter apa yg harus sy lakukan...terima kasih( perempuan, 27 thn,155 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan kepada klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda terhadap kondisi anak anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang ingin saya konfirmasi terlebih dahulu:

- "Apakah anak anda merasakan keluhan lain selain batuk pilek?"

  (demam tanpa sebab jelas, BB turun, bengkak sendi, dsb)

- "Apakah di keluarga yang dekat dengan anak anda ada yang memiliki riwayat batuk lama?"

- "Pemeriksaan apa saja yang telah dilakukan sebelum anak anda akhirnya didiagnosis menderita  TBC?"

- "Apakah anak anda mengonsumsi obat yang diberikan secara teratur?"

- dsb...

Batuk bukan merupakan gejala utama TBC pada anak dan pemeriksaan dahak juga sulit dilakukan sehingga tentunya menjadi sangat sulit untuk menegakkan diagnosis TBC pada anak.

Berdasarkan cerita anda, saya mengetahui bahwa anak anda mendapat empat macam obat untuk TBC yang diderita. Salah satu obat tersebut mengandung ethambutol yang memiliki efek samping cukup berbahaya bila dikonsumsi anak dalam jangka panjang (antara lain dapat menyebabkan kebutaan). Saya sarankan anda segera mengunjungi dokter spesialis paru anak anda untuk memantau hasil pengobatannya. Dan pada prinsipnya terapi dapat dihentikan bila secara nyata klinis anak anda membaik, meski tidak terlihat perubahan yang berarti pada hasil roentgen parunya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar