Sukses

Jumlah dan gerak sperma kurang

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 32 tahun.
saya sudah menikah 2 tahun namun belum dikaruniai anak. dari hasil tes sperma didapat hasil sperma kurang dan gerak kurang. bagaimana solusi untuk vonis bahwa jumlah sperma kurang dan pergerakannya tidak lurus kedepan ? terima kasih( laki-laki, 32 thn,181 cm,90 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter.

Jumlah sperma normal berkisar antara 20 juta / mililiter hingga 120 juta / mililiter/ Jumlah sperma dikatakan sedikit bila < 20 juta / ml cairan ejakulat. Dalam bahasa medis keadaan ini disebut oligozoospermia.  Sedangkan kurangnya gerakan sperma disebut asthenospermia. Pada kasus anda dimana terdapat dua keadaan tersebut disebut oligoasthenospermia. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini antara lain:

- faktor genetik (kromosom)

- suhu tinggi

- kelainan organ reproduksi, saluran kemih dan hormon.

- kurang nutrisi dan vitamin (vitamin C, selenium, zinc, folat)

- kemoterapi, obesitas, merokok, alkohol, logam berat, dsb

- faktor psikologis: stres, panik, depresi

- faktor lingkungan: air yang tercemar

Anda dapat memulai dengan menghindari faktor-faktor di atas, termasuk nutrisi dan pola hidup sehat. Tetapi dalam penanganannya tetap memerlukan peran dokter spesialis andrologi. Terapi yang dipilih disesuaikan dengan penyebab, kecuali untuk oligoasthenospermia akibat faktor genetik.

Saran saya sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis andrologi untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberikan beberapa obat, termasuk obat homeopatik, namun hingga saat ini belum ada terapi yang terbukti sangat efektif dalam meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Sebagai alternatif, anda dan istri dapat mengikuti program bayi tabung. 

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar