Sukses

Vaksin influenza

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 28 tahun.
Kepada Administrator Yth, sekitar 1 bulan yang lalu, saya medapatkan vaksin flu di kantor. Pertanyaan saya: Apakah vaksin flu bisa mencegah flu burung? saya pernah membaca tentang vaksin flu bentuk nasal spray mist. Apakah efeknya sama dengan vaksin flu biasa? Terima kasih( perempuan, 28 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Menurut Center for Disease Control and Prevention, terdapat 2 tipe vaksin influenza,  yaitu :

  • Vaksin 'Flu shot' :  vaksin inakftif (mengandung virus mati) yang diberikan melalui suntikan umumnya di lengan atas. Vaksin ini ditujukan untuk mereka yang berusia lebih dari 6 bulan, termasuk orang yang sehat maupun orang dengan penyakit kronik
  • Vaksin nasal spray flu : bahan aktif terdiri dari vaksin hidup yang dilemahkan. Ditujukan pada orang dengan usia 2-49 tahun yang tidak dalam kondisi hamil

Masing-masing vaksin mengandung 3 jenis virus influenza yaitu virus A (H3N2), virus A (H1N1), dan virus B. Vaksin virus ini berubah setiap tahunnya berdasarkan penelitian mengenai tipe dan strain virus influenza yang beredar.

Vaksin suntikan maupun vaksin nasal spray memiliki khasiat yang sama hanya bahan aktifnya saja yang berbeda (virus mati dan virus hidup yang dilemahkan). Keduanya tetap akan membangun antibodi melawan virus influenza sekitar 2 minggu setelah vaksinasi.

Virus flu burung (H5N1) masih belum ditemukan vaksinnya hingga saat ini. Vaksin influenza  yang diberikan untuk anda mengandung jenis strain virus yang saya sebutkan diatas.
Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar