Sukses

Sindroma premenstruasi

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
siang dok..saya mau tanya bbrp bulan yg lalu saya mens yg ga biasa. perut sy sakit bgt smpe2 ada rasa mual ingin muntah.. apa itu bahay/ga?? seingat sy kjadian tu udah 2x tjadi. yg prtma saat msh di SMP dan terakhir baru skrg.. tu normal/ga??? 1lagi,, ktika sy haid kpla sy trsa berat bgt dan badan lemes.. pa tu krn sy sdg haid/ sy anemia?? thanx dok...( perempuan, 23 thn,161 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Gejala nyeri perut, sakit kepala, dan badan lemas ketika sedang menstruasi adalah gejala dari Sindroma Premenstruasi atau lebih dikenal dengan PMS. Sindroma premenstruasi adalah gejala yang merupakan kombinasi dari fisikal distress, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara hormon estrogen dengan sindroma premenstruasi. Penurunan kadar hormon estrogen ketika sedang menstruasi menyebabkan gejala tersebut muncul.

Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Informasi mengenai stress PMS. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.  Lebih lanjut mengenai PMS dapat anda baca di

https://www.klikdokter.com/illness/detail/127

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar