Sukses

TORCH

20 Oct 2014, 09:56 WIB
Wanita, 39 tahun.
Saya pengidap hcv rna positif dengan genotype 1 subtipe 1b dan akan menjalani terapi suntikan interferon dan rebavirin selama 48 minggu. Saya juga terkena virus torch ( anti rubela Igg 67 dan anti cmv Igg 185). Jika saya telah selesai menjalani terapi suntikan, apakah memungkinkan bagi saya untuk mengandung? Apakah bayinya akan lahir dalam keadaan sehat?( perempuan, 39 thn,157 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Hasil pemeriksaan serologi yang ibu berikan kepada kami hanya mencantumkan nilai IgG saja (toksoplasma maupun CMV), adakah nilai IgMnya?

Saat ini mungkin akan lebih baik Ibu berkonsentrasi untuk melakukan terapi interferon dan ribavirin tersebut sampai selesai. Mengenai virus TORCH, akan lebih baik apabila terdapat konfirmasi mengenai hasil serologi IgM TORCH. IgG menandakan infeksi yang sudah lama terjadi, sekitar 12 bulan yang lalu. Karena itu diperlukan konfirmasi pemeriksaan IgM. IgM akan positif apabila infeksi terjadi akut (dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan terakhir. Apabila IgM ibu positif, maka diperlukan pemeriksaan ulang titer sampai 3 kali untuk memastikan diagnosis toksoplasma.

Infeksi toksoplasma pada janin (Congenital Toxoplasmosis) timbul akibat infeksi primer AKUT pada ibu, ketika sedang hamil. Berat ringannya tergantung kapan ibu hamil tersebut terkena infeksi.

Pada kehamilan 3 bulan pertama, hanya sekitar 15% parasit yang menembus plasenta dan menyerang janin, namun apabila janin terkena, maka risiko kesehatan yang dialami janin sangat berat. Pada kehamilan 3 bulan terakhir, insiden parasit yang dapat menembus plasenta dan menyerang janin sekitar 65%, namun risiko kesehatan yang dialami janin tidak terlalu berbahaya atau bahkan asimptomatik (tidak memiliki gejala). Infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, dan dapat juga menyebabkan kelainan pada janin yang dikandungnya (hidrosefalus, kelainan saraf, kebutaan, epilepsi, keterbelakangan mental).

Mengingat hasil pemeriksaan yang anda lakukan menunjukkan hasil positif pada IgG, maka perlu dilihat lebih lanjut apakah infeksi baru terjadi atau telah lama berlangsung. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan Aviditas Anti-Toxoplasma IgM dan Aviditas Anti-CMV IgM. Saran saya agar ibu berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan apabila memiliki rencana untuk hamil. Evaluasi lebih lanjut baik observasi maupun terapi akan dilakukan lebih baik dengan dokter spesialis kebidanan. Sekian, semoga membantu. (TRH)
 

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klilkdokter) 

    0 Komentar

    Belum ada komentar