Sukses

Anak sering berkedip

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 26 tahun.
anak saya umur 4 th, akhir2 ini sering mengedipkan mata, dan mengeluh silau bila terkena cahaya... kadang dia bilang matanya terasa sepat dan berair... kira2 kenapa ya dok? apa saya harus bawa dia ke spesialis mata, untuk pemeriksaan lanjut.. sebelumnya saya udah konsultasikan ini ke dokter keluarga, beliau bilang anak seumur anak saya hanya cari perhatian saja, karena kedua orang tuanya bekerja, dan tidak perlu di khawatirkan,... menurut dokter apa yang harus saya lakukan? terima kasih banyak atas jawabannya dok.( perempuan, 26 thn,153 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Mengedipkan mata adalah refleks akibat mata kering dengan tujuan untuk melembabkan mata. Sedangkan silau karena terkena cahaya merupakan hal yang normal sejauh tidak berlebihan (cahaya sedikit atau remang pun silau). Banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada anak dengan keluhan seperti yang ibu gambarkan, diantaranya adalah alergi, infeksi, mata kering, terlalu banyak berada di ruang berAC, dan lain-lain.

Seandainya memang keluhan ini mengganggu dan membuat ketidaknyamanan pada anak ibu, maka memang sebaiknya ibu membawa anak ibu berkonsultasi ke dokter mata. Namun apabila keluhan ini tidak terlalu mengganggu, lapang pandang tidak berkurang, tidak ada gangguan penglihatan, tidak nyeri, tidak memerah, tidak menghasilkan produksi kotoran mata yang berlebihan, tidak berhubungan dengan keluhan lain seperti sakit kepala, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar