Sukses

Perencanaan keluarga alami

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok,,, saya aktif dlm hub sex,,,yang saya ingin tanyakan gmna tips2 agar mghindari khamilan yang tidak dikehendaki dan saya tidak ingin mgunakan obat2an trmasuk KB / kondomi.....? trimz/...( perempuan, 23 thn,161 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Menghindari kehamilan memang sebaiknya dilakukan dengan menggunakan kontrasepsi. Pertanyaan yang Ibu ajukan mengarah ke jenis kontrasepsi alami. Kontrasepsi alami atau perencanaan keluarga alami terdiri atas :

  • Coitus interuptus (sanggama terputus)
  • Metode Ritmik

Coitus interuptus adalah senggama terputus atau dalam artian penis dikeluarkan dari vagina sesaat sebelum ejakulasi terjadi. Kegagalan kontrasepsi menggunakan cara ini tinggi karena sperma bisa keluar sebelum orgasme dan juga cara ini memerlukan pengendalian diri yang tinggi serta penentuan waktu yang tepat.

Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita. Periode subur seorang wanita dihitung dari :

  • (siklus menstruasi terpendek - 18) dan (siklus menstruasi terpanjang -  11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir.

Contoh: bila siklus terpendek seorang wanita adalah 25 hari, dan siklus terpanjangnya 29 hari, maka periode suburnya adalah (25 - 18) dan (29 - 11) yang berarti hubungan seksual tidak boleh dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-18 setelah menstruasi. Metode ritmik hanya dapat dilakukan pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar