Sukses

BAB keras berdarah (2)

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 34 tahun.
Ini jawaban saya, semoga dapat disimpulkan. Mohon juga informasi harus banyak konsumsi apa dan sebaliknya apa yang tidak boleh. 2 tahun belakang ini saya tidak ada waktu untuk olah raga dikarena jadwal kerja yang sangat padat, apakah perlu diaktifkan kembali jadwal untuk olahaga. Saya bersedia kalau ada pertanyaan lanjut dari tim klikdokter. Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada klikdokter. Sejak kapan anda merasakan keluhan tersebut? SEJAK 2 TAHUN YANG LALU Seberapa seringkah anda mengalami keluhan BAB keras tersebut? Apakah setiap BAB? TIDAK SETIAP BAB. 2 BULAN SEKALI, KADANG KALAU BADAN LAGI FIT BIARPUN BAB SEDIKIT BERDARAH TIDAK MENGALAMI HAL TERSEBUT. Apakah anda merasa nyeri saat BAB tersebut? PADA SAAT BAB TERSEBUT SEDIKIT NYERI TAPI KALAU SUDAH BERDARAH DAN NEXTNYA IYA RASA NYERI. KEMUDIAN KALAU BAB LANCAR 2/3 HARI KEMUDIAN SUDAH TIDAK NYERI DAN TIDAK BERDARAH. Apakah warna darah yang ada pada BAB anda? Hitam seperti aspal atau berwarna merah segar? MERAH SEGAR Apakah terdapat tonjolan atau benjolan pada saat anda mengejan? TIDAK ADA BENJOLAN Bagaimana dengan pola demam yang anda alami setelah BAB? MENGIGIL DAN KAKI PEGAL KIRA2 1 JAM, POLA DEMAM SETELAH DIBAWA TIDUR, BANGUN TIDUR SUDAH NORMAL KEMBALI DAN BISA LANGSUNG AKTIVITAS KEMBALI Apakah terus-menerus dan kapan demam tersebut reda? TIDAK TERUS MENERUS, MISALNYA KEJADIAN MALAM HARI BEGITU BESOK PAGI BANGUN TIDUR DEMAM SUDAH REDA Bagaimana pola makan anda selama ini? Apakah anda banyak mengonsumsi bahan makanan yang mengandung serat (contoh sayur-sayuran/buah-buahan)? TIDAK BANYAK TAPI JUGA BUKAN SAMA SEKALI TIDAK KONSUMSI SAYUR / BUAH. Dalam sehari, berapa banyak air yang anda minum? 3-4 GELAS ORANG DEWASA Apakah anda merasakan nyeri pada perut? TIDAK Apakah ada mual/muntah? TIDAK Apakah ada penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya belakangan ini? TIDAK Berdasarkan data yang anda berikan, saya belum dapat menyimpulkan penyebabnya. Namun saya menduga keluhan BAB berdarah anda timbul akibat wasir / hemoroid, akan tetapi diperlukan data-data tambahan, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan. Karena anda menyatakan sering mengalami hal tersebut, saya sangat menganjurkan agar anda berobat ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan tatalaksana yang optimal. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO) Terimakasih, (Tim Redaksi Klikdokter) ( laki-laki, 34 thn,175 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya mengerti anda merasa sangat khawatir akan keluhan BAB anda hingga saat ini.

Jawaban yang anda berikan atas pertanyaan saya tempo hari, semakin menguatkan dugaan saya bahwa keluhan BAB anda timbul akibat wasir / hemoroid interna derajat 1 dimana keluarnya darah tidak disertai keluarnya benjolan dari anus. Akan tetapi tetap saja diperlukan pemeriksaan fisis dan pemeriksaan penunjang untuk lebih memastikan.

Lebih lanjut mengenai wasir / hemoroid dapat anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/85

Mengingat keadaan ini dapat bersifat progresif, saya sarankan sebaiknya anda segera berobat ke dokter spesialis penyakit dalam untuk konsultasi lebih lanjut. Yang dapat anda lakukan saat ini adalah mengonsumi banyak makanan yang kaya serat dan menghindari berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan dalam perut seperti mengedan, batuk lama, terlalu banyak duduk, dsb. Apabila anda ingin melakukan olahraga, hindari olahraga yang sifatnya weight-bearing (angkat beban) yang juga dapat meningkatkan tekanan dalam perut.

D

emikian penjelasan yang dapat saya berikan. Apabila masih ada yang belum dipahami,  anda dapat melayangkan kembali pertanyaan anda kepada klikdokter. Tim redaksi kami akan menjawabnya untuk anda. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar