Sukses

Alergi atau keracunan?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 3 tahun.
badan anak saya mengalami bentol2 merah, ada ditangan, mata, dan dikaki. tidak terlalu banyak bentol2 merahnya tetapi sangat mengganggu sekali bagi anak saya, soalnya menurut anak saya gatal dan sakit kalau digaruk. tadinya saya kira itu bisul tetapi sampai saat ini hanya memerah saja dan tidak bernanah, sebagian sudah menghilang namun timbul baru didaerah lain, dan gejala ini baru 2 hari, tindakan sampai saat ini kami baru memberikan bedak gatal purol, pertanyaan nya apa ini penyakit diakibatkan alergi ? 2 hari yang lalu istri saya memasakkan makanan buat anak saya udang, sebelum2nya tidak pernah begini kalau makan udang, anak saya senang makanan laut, atau karena susu ? susu anak saya diseling, pagi dan sore memakai susu dancow sesuai aturan/takaran, kalau malam pakai pediasure rasa coklat. atau mungkin keracunan kah? Mohon petunjuk, kira2 tindakan atau pengobatan yang harus kami lakukan. terima kasih sebelumnya.( perempuan, 3 thn,100 cm,14 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda terhadap kondisi anak anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang ingin saya konfirmasi:

- Bagaimana bentuk bentolnya? Apakah seperti bentol besar setelah digigit nyamuk, bentuk gelembung,

   jerawat, bercak merah, biang keringat, dsb?

- Apakah disertai keluhan lain seperti demam, nafsu makan berkurang, muntah, diare?

- Apakah di keluarga ada yang memiliki riwayat alergi?

- Apakah saat bayi, sering timbul bercak merah pada kedua pipi anak anda? dsb

Gejala keracunan susu atau bahan makanan lain umumnya bermanifestasi menjadi gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, dsb. Bukan manifestasi kulit seperti pada anak anda. Namun kemungkinan alergi masih belum dapat disingkirkan. Meski awalnya anak anda tidak bermasalah dengan makanan laut, terjadi proses "sensitisasi" yaitu secara perlahan tubuh membentuk antibodi terhadap antigen dalam bahan makanan tersebut. Antibodi bertugas menghancurkan zat yang menyebabkan penyakit (antigen) sehingga saat anak anda mengonsumsi makanan laut tubuhnya mengeluarkan antibodi dan menimbulkan gejala kulit seperti ruam, bentol (biduran), dsb.

Pengobatan yang telah anda lakukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan keluhan gatalnya, tetapi tidak mengobati penyebab. Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Diagnosis penyakit kulit juga akan lebih mudah ditegakkan setelah melihat gambaran lesi kulitnya. Saya sarankan sebaiknya anda segera membawa anak anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Alergi hanyalah salah satu kemungkinan penyebabnya, masih terdapat kemungkinan lain yang perlu digali. Dan mengingat banyaknya faktor lain yang dapat menyetuskan reaksi alergi (debu, gigitan nyamuk, suhu, aktivitas berlebihan, emosi, obat tertentu, dsb) akan lebih baik bila anak anda menjalani pemeriksaan alergi.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar