Sukses

Glaukoma sudut terbuka

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 21 tahun.
beberapa waktu lalu saya ke dokter mata untuk periksa minus dan silindris, setelah itu saya diberikan resep yang belakang sya tau resep itu unk indikasi GLAUKOMA TERBUKA YANG KRONIS. tolong informasi tentang hal tersebut, bahaya kah? bagaimana mengurangi ataupun mengobatinya.. terima kasih..( perempuan, 21 thn,155 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda akan kondisi mata anda saat ini.

Glaukoma adalah suatu keadaan yang dimana terjadi peningkatan tekanan dalam bola mata yang dapat merusak saraf optik.  Terdapat beberapa pembagian glaukoma antara lain :

1. glaukoma sudut terbuka (glaukoma kronis)

2. glaukoma sudut tertutup (glaukoma akut)

Glaukoma sudut terbuka (glaukoma kronis) merupakan glaukoma tersering, mengenai sekitar 1 dari 200 seluruh populasi yang berusia lebih dari 40 tahun dan jumlahnya semakin meningkat sesuai dengan usia. Faktor keturunan juga berperan dalam perkembangan glaukoma sudut terbuka. Secara umum risiko terjadinya glaukoma pada saudara kandung sekitar 10% sedangkan pada keturunan sebanyak 4%.

Awalnya glaukoma tidak menimbulkan gejala. Penglihatan masih baik tanpa rasa nyeri. Bagaimanapun, seiring perkembangan penyakitnya, daya penglihatan penderita glaukoma menurun perlahan. Objek pada bagian tengah masih dapat terlihat jelas, namun tidak dengan sisi sekitarnya. Penderita glaukoma merasa  seperti melihat dari sebuah lubang kunci atau terowongan, seperti terlihat pada gambar berikut:

 

Bila tidak diobati, keadaan ini akan terus berlanjut hingga mengakibatkan kebutaan. Hal ini dapat dicegah dengan diagnosis dan terapi dini. Pastikan anda mengonsumsi obat yang diberikan dokter setiap hari dan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata secara berkala, terlebih bila anda memiliki keluarga dengan riwayat glaukoma sudut terbuka (glaukoma kronis).

Lebih lanjut mengenai glaukoma dapat anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/36

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar