Sukses

Efek samping ketokonazol

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang Dok...Dok teman saya keputihan dan oleh dokter diberi obat Ketokonazole, yang ingin saya tanyakan gimana pendapat dokter ttg obat tersebut dan apakah ada efek sampingnya. Makasih Dok...( perempuan, 28 thn,158 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan pada klikdokter. Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai keputihan.

Secara definisi keputihan adalah cairan tubuh selain darah yang keluar dari organ reproduksi wanita. Keadaan ini dapat timbul secara fisiologis atau patologis. Keputihan yang fisiologis dapat timbul saat terjadi perubahan siklus hormonal, seperti sebelum pubertas, stress psikologis, sebelum dan setelah datang bulan, kehamilan, saat menggunakan kontrasepsi hormonal, atau saat menopause. Umumnya keputihan pada keadaan ini tidak berwarna dan tidak berbau.

Saat keputihan mulai berbau, bergumpal atau berbusa dengan warna kekuningan / kehijauan, juga disertai rasa gatal atau terbakar, maka dapat dikatakan bahwa keputihan tersebut timbul akibat keadaan patologis , dengan penyebab tersering adalah infeksi jamur.

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Dari cerita anda, teman anda mendapatkan ketokonazol sebagai obat keputihannya. Obat ini biasa diberikan pada keputihan akibat infeksi jamur. Dokter yang memberikan obat tersebut mungkin telah memeriksa cairan keputihan teman anda dan mengetahui bahwa penyebabnya adalah jamur. Efek sampingnya antara lain mual, nyeri perut, diare, sakit kepala, haid tidak teratur, reaksi alergi (ruam kulit, gatal-gatal), dan dapat menyebabkan kerusakan hati namun jarang ditemukan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar