Sukses

Keputihan tidak kunjung sembuh (3)

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 22 tahun.
meneruskan keluhan keputihan saya, bahwa saya mengalami keputihan seperti itu sudah hampir 1tahun.saya memang terkadang merasa nyeri di perut bagian bawah, namun saya tidak mengalami nyeri saat buang air kecil, tidak merasa panas disekitar kemaluan maupun tidak keluar darah diluar masa menstruasi.Saya dulu memang pernah melakukan hubungan seksual diluar nikah dengan pacar saya.Namun sekarang kami tidak pernah melakukannya.Karena kami menyadari bahwa itu salah.saya memang pernah mengalami keluhan keputihan sebelumnya juga berwarna kecoklatan, dan itu terjadi saat saya belum pernah melakukan hubungan seksual.Oleh dokter diberi obat,namun karena dokter yang menangani saya pindah tugas,akhirnya saya menghentikan pemeriksaan.saya meminum obat yang diberikan oleh dokter secara teratur dan selalu habis.Namun sampai sekarang juga belum sembuh.( perempuan, 22 thn,160 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda akan keluhan keputihan anda yang belum juga sembuh.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, keputihan adalah keluarnya cairan (bukan darah) dari liang vagina wanita dan pengobatan antibiotik pada keputihan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kuman penyebabnya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan cairan keputihan dengan mikroskop untuk memastikannya. Pada kasus anda, keluhan keputihan coklat anda tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan hal tersebut, antara lain:

- pengobatan yang tidak adekuat (secara dosis dan frekuensi)

- antibiotik tidak sesuai kuman penyebab keputihan

- kuman penyebab telah kebal terhadap antibiotik yang diberikan, atau

- keputihan coklat yang anda alami sebenarnya BUKAN KEPUTIHAN sama sekali, melainkan spotting /

  bercak perdarahan dari vagina

Anda mengatakan bahwa anda telah meminum obat secara teratur. Apakah dokter anda sebelumnya pernah menyinggung mengenai penyebab kondisi anda saat itu dan obat yang diberikan (nama, kegunaan, dsb)?

Oleh karena keputihan dan spotting memiliki penyebab yang berbeda, dibutuhkan penanganan yang berbeda pula. Spotting pada umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan antara lain pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), kegemukan, stress psikologis, atlit, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, dsb. 

- Bagaimanakah siklus haid anda selama ini? dan

- Apakah sebelumnya anda pernah menjalani pemeriksaan USG?

Mengingat masih terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan keadaan ini, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikannya, termasuk pemeriksaan USG organ reproduksi anda. Saran saya sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi lebih lanjut.  

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar